Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tak Berkategori

Pulau Bongkil Masuk Wilayah Administrasi Sulut !

Manado Today   |   3 Januari 2011 – 23:00 WITA

Manado Today – Polemik status Pulau Bongkil antara Sulut dan Gorontalo, segera menjadi jelas. Hal itu menyusul klarifikasi terhadap status pulau tersebut, melalui surat yang dikeluarkan oleh Kementeraian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditandatangani Direktur Jenderal Pemerintahan Umum Kemendagri, Timbul Pudjianto MM.Dalam surat yang bernomor 125.1/2144/PUM tertanggal 8 Desember 2010 itu, menurut Kepala Bagian Humas Setdaprov Sulut Christian Sumampow SH M.Ed, status Pulau Bongkil atau dalam Perpres Nomor 78 Tahun 2005 tentang pengelolaan pulau-pulau kecil dinamakan pulau bangkit, sesuai verifikasi oleh Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi untuk Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan tanggal 22 – 24 Mei 2007, tidak tercatat adanya Pulau Bongkil dalam wilayah administrasi Kabupaten Gorontalo Utara. Namun hasil verifikasi tanggal 27 – 29 April 2008, tercatat nama Pulau Bongkil masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Jadi dengan memperhatikan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar dan hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi, Kemendagri menyimpulkan bahwa Pulau Bongkil masuk wilayah administrasi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulut,” kata Sumampow, Senin (03/01/2010).

Dalam surat edaran Kemendagri juga, memintakan kepada kedua Pemerintah Provinsi, untuk mensosialisasikan status pulau tersebut kepada pemerintah Kabupatennya, serta masyarakat yang tinggal disekitar pulau tersebut, dimana Pulau Bongkil masuk diwilayah Nyiur Melambai. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading