Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pulau Lembeh Bakal Miliki TPA

Aldy Monareh   |   19 April 2012 – 11:06 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Perhatian pemerintah terhadap pembangunan Infrastruktur di Pulau Lembeh terus diupayakan pemerintah Kota Bitung.Setelah mengalokasikan pada APBD 2012 pembangunan lanjutan jalan lingkar Lembeh, sebesar Rp 30 Milliar. Dalam waktu dekat Lembeh juga bakal memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.
”Dalam waktu dekat di Pulau Lembeh akan memiliki TPA,” ungkap Sekretaris Kota Bitung, Drs Edison Humiang.
Akan dibangunnya TPA di Pulau Lembeh ini dijelaskan Humiang, guna meminimalisir pencemaran laut akibat sampah yang dibuang sembarangan oleh warga, sebab meskipun sudah memiliki tong sampah, warga tetap mengeluhkan tidak adanya petugas pengangkut di setiap Kelurahan.
”Sehingga hal inilah yang sering membuat warga membuang sampah sembarangan yang berkibat tercemarnya laut oleh sampah yang dihasilkan oleh masyarakat,” ujarnya.
Lanjut dia, penyediaan TPA di Pulau Lembeh juga nantinya bukan hanya sekedar Tempat sampah saja, sebab warga juga nantinya bisa memanfaatkan TPA sebagai lahan bisnis untuk menambah penghasilan dengan memanfaatkan sampah untuk didaur ulang menjadi hasil kerajinan dan pembuatan kompos.
”Dan untuk menggaiarhkan potensi ini akan dilakukan pelatihan pengolahan sampah secara modern, dan sebagai motifator adalah perangkat pemerintah Kelurahan dan Kecamatan serta instansi terkait,” kata Humiang.
Sementara untuk penyediaan lahannya, kata Humiang saat ini Pemkot Bitung sementara menyelesaikan proses pembebasan lahan dan sertifikasi.
”Untuk itu saya minta warg Lembeh bersabar menunggu realisasi penyediaan TPA ini,” tutupnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading