Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Puncak Hari Anak Nasional Sulawesi Utara Dipusatkan di Tomohon

Ardi Kalumata   |   31 Juli 2012 – 18:25 WITA
Hari Anak Nasional Sulut

Hari Anak Nasional di ABI

TOMOHON, (manadotoday.com)–Kota Tomohon kembali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggara Hari Anak Nasional Tahun 2012 yang dilaksanakan di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon.

Kegiatan ini diawali dengan ibadah yang dipimpin Ketua Sinode GMIM Pdt Piet M Tampi STh MSi.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Hari Anak Nasional Provinsi Sulawesi Utara dirayakan agar setiap anak Indonesia bisa berkreasi, berinovasi dan berprestasi untuk menjadi manusia Indonesia yang unggul dan mampu menghadapi tantangan di masa depan, serta menjadi anak bangsa yang berbudaya dan bermartabat.

Oleh karena itu pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia harus memberikan dukungan agar setiap anak memperoleh hak seperti pertama, pelayanan pendidikan dan pengajaran bermutu dalam rangka pengembangan pribadi dan semua potensi kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Kedua, pelayanan kesehatan bermutu dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental spiritual dan sosial anak.

Ketiga, kebebasan berpartisipasi untuk menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan. Keempat, beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak sebaya, bermain berekreasi sesuai dengan minat, bakat dan tingkat kecerdasannya demi pengembangan diri.

Kelima, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi baik ekonomi maupun seksual dan penelantaran.

‘’Mengingat upaya untuk memberikan jaminan perlindungan dan pemenuhan hak anak telah menjadi komitmen nasional dan internasional maka diperlukan dukungan sebagai kewajiban dan tanggung jawab negara, pemerintah, lapisan masyarakat, keluarga serta orang tua dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak tersebut,’’ kata walikota.

Seiring dengan lahirnya undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, maka peringatan hari anak nasional tahun 2012 merupakan momentum yang sangat tepat untuk menggugah dan membangkitkan segenap komponen bangsa, baik itu pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak anak termasuk pemenuhan pelayanan kesejahteraan dan perlindungannya.

Mewakili Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Asisten I Pemprov Sulut Drs Mecky Onibala MM mengatakan bahwa kita semua harus memberikan perlindungan kepada anak-anak, terus mendidik anak-anak serta memberikan kasih sayang kepada anak-anak Sehingga mereka memilki moral dan budi pekerti yang baik. Gubernur berpesan agar anak-anak rajin beribadah, rajin belajar, rajin berolahraga, rukun dengan sesama teman, mematuhi orang tua, hormat pada guru serta terus berkarya dan berkreasi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial Sulut Bhikku Dr Dharma Surya Mahastavira MA MSi, FKPD Tomohon, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Jifry Kawung STh MSi, para lansia dan anak-anak se-Kota Tomohon. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading