Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Pungli Diduga Marak di Samsat Amurang

Staff Manado Today   |   6 April 2011 – 20:41 WITA

Amurang Today – Kinerja serta pelayanan yang ada di Samsat Amurang, belakangan ini terus saja dikeluhkan warga masyarakat. Betapa tidak, pembayaran ijin kendaraan roda dua dan empat diduga banyak terjadi pungutan liar (pungli).Berdasarkan informasi yang didapat manadotoday Rabu (06/04/2011), setiap warga yang mengurus perpanjangan surat kendaraan mulai dari roda dua dan empat, selalu akan timbul pengeluhan. Hal ini disebabkan karena pembayaran tidak sesuai dengan apa yang tertera pada bukti kwitansi atau pajak lainnya.

“Memang selalu begitu. Pada saat kami membayar pajak, jadi banyak sekali. Padahal yang ditulis pada bukti atau pajak STNK hanya beberapa saja,” ungkap salah satu warga saat ditemui di Samsat Amurang.

Lanjut dibeberkan sumber, setiap mengurus perpanjangan surat kendaraan dirinya harus mengeluarkan uang sekitar Rp 400 ribu. Padahal, yang tertera dalam bukti pajak tidak demikian. Hal ini juga dipastikan terjadi pada ribuan kendaraan roda dua dan roda empat lainnya.

“Kita juga heran kenapa kita harus bayar bagitu banyak,” bebernya.

Bisa dibayangkan berapa keuntungan yang diraup Samsat Amurang jika dikalikan dengan jumlah kendaraan di Minsel. Jika ribuan sepeda motor dan mobil yang ada di Minsel harus membayar seperti itu, tidak sedikit pundi – pundi uang yang didapat Samsat Amurang.

Sementara itu, Sekretaris LSM Gerbang Maju Sulut Johanis Izhak menanggapi hal itu, mengatakan pungli di Samsat Amurang harus segera disikapi pihak Polda Sulut dan Pemerintah terkait. Pasalnya, tradisi seperti ini harusnya diberantas dan jangan lagi dibiarkan yang pada akhirnya hanya membuat masyarakat sengsara.

“Jadi kami desak Polda dan Pemprov Sulut harus turun tangan menyikapi masalah ini. Jangan sampai ini berlanjut terus,” katanya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading