Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Pusat Takeover Proyek Gheotermal Suwawa

Staff Manado Today   |   29 April 2011 – 09:26 WITA

Gorontalo Today – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengambil alih proyek geothermal atau pembangkit listrik bertenaga panas bumi di Suwawa Kabupaten Bone BOlango, Provinsi Gorontalo.Kepala Dinas Kehutanan Pertambangan dan Energi (Dishuttamben) Provinsi Gorontalo, Husen Hasni di Gorontalo, mengatakan, keputusan itu diambil karena tak satupun perusahaan yang mendaftarkan diri, meski telah dua kali diadakan lelang.

“Kementerian ESDM akan mengambil alih proyek ini, eksplorasi dan dananya dianggarkan dalam APBN tahun 2011,”katanya.

Sebelumnya, sumber energi panas bumi di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango ini, sempat menarik perhatian sejumlah perusahaan untuk berinvestasi karena potensi energi yang dihasilkan, mencapai 110 Mega Watt (MW).

Menurut dia, sudah beberapa perusahaan yang berminat, bahkan ada yang meninjau lokasi di antaranya perusahaan dari Korea Selatan.

Namun, tambahnya, rencana investasi itu, terhambat oleh besarnya biaya operasional yang harus ditanggung perusahaan .

Dia mencontohkan,untuk biaya eksplorasi satu lubang saja, sedikitnya membutuhkan dana sebesar 75 juta dollar AS setara Rp75 Miliar.

Padahal rencananya, proyek geothermal Suwawa akan digali dua lobang untuk keperluan eksplorasi.

“Hal ini yang membuat para calon investor, mengundurkan diri satu persatu,” katanya Energi panas bumi di Suwawa, diharapkan dapat membatu masalah krisis listrik di wilayah itu, yang masih menggunakan Sumber energi diesel, juga tenaga uap yang kini masih dalam proses pembangunan.

Rencananya, lanjut Husen, Kementerian ESDM akan memulai kegiatan eksplorasi pada tahun ini.(ant/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading