Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Puskesmas Taratara Tomohon Gelar Tes Kebugaran Jasmani

Ardi Kalumata   |   24 Agustus 2012 – 23:05 WITA
Tomohon

Tes Kebugaran Pemkot-Puskesmas Taratara

TOMOHON, (manadotoday.com)—Guna memberikan pengetahuan yang benar tentang proses berolahraga serta berupaya meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat, Puskesmas Taratara Kecamatan Tomohon Barat sebagai Puskesmas Percontohan Upaya Kesehatan Olahraga di Kota Tomohon dan Sulawesi Utara Jumat (24/8) sekitar pukul 05.30 Wita melakukan kegiatan Senam pencegahan Oesteoporosis dan Tes Kebugaran Jasmani dengan metode Jalan Cepat / Jogging 1,6 KM (Rock Port).Kegiatan tersebut mengambil lokasi start di Woloan Dua dan finish di Woloan I Kecamatan Tomohon Barat, diikuti sekitar 200 peserta.

Kegiatan tersebut dibuka Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak, dihadiri Sekkot Tomohon Dr Drs Arnold Poli SH MAP dan jajaran Pemkot Tomohon, Kapolres Tomohon AKBP Josefin Marlien Tawas SH MH serta undangan lainnya termasuk masyarakat dan PNS di lingkup Tomohn Barat.

Dalam sambutannya Walikota Tomohon sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan ke depan dalam lingkup yang lebih luas menjangkau seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon dalam rangka juga mendukung Tomohon menuju Kota Sehat.

‘’Saat ini, penyakit degeneratif seperti Hipertensi, Diabetes Melitus dan Stroke telah menjadi penyebab utama kematian manusia pada millenium ini. Untuk mencegahnya maka telah banyak digalakkan kegiatan olahraga massal serta didirikannya pusat-pusat latihan kebugaran jasmani,’’ ungkap Kepala Puskesmas Taratara dr Vera D Tombokan.

Namun menurutnya, dalam proses pelaksanaannya setiap individu tidak dibekali pengetahuan tentang kemampuan jantung parunya, sehingga tidak dapat menentukan jenis olahraga apa yang tepat untuk masing-masing individu serta tidak dilakukan dalam frekwensi yang teratur.

‘’Nah, kurangnya pengetahuan tentang kemampuan jantung paru ini akan berisiko pada terjadinya berbagai kecelakaan atau bahkan kematian saat seseorang sedang melakukan olahraga,” tukas dr Tombokan yang juga penggagas kegiatan yang didukung Kepala Dinas Kesehatan dan sosial Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur MKes MSi.

Ditambahkannya, Puskesmas Taratara termasuk dalam 208 Puskesmas yang melaksanakan program kesehatan olahraga masyarakat dari 9000-an Puskesmas di seluruh Indonesia. Kegiatan tersbut, turut didukung juga oleh PT Askes Cabang Tondano. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading