Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Puting Beliung Porak-Porandakan Puluhan Rumah di Girian Indah

Aldy Monareh   |   17 Oktober 2011 – 07:31 WITA

Manadotoday.com, Bitung – Bencana angin puting Beliung kembali terjadi di Kota Bitung. Kali ini bencana tersebut terjadi di Lingkungan VI Kelurahan Girian Indah Kecamatan Girian. Tercatat sedikitnya 22 rumah rusak dan 7 rumah rusak parah, beruntung tidak ada korban jiwa namun kerugian yang dialami ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Informasi yang terangkum menyebutkan puting beliung itu terjadi pada Minggu kemarin sekitar pukul 12,30 wita ini, sempat mengagetkan dan membuat warga sekitar panik, karena tiba-tiba angin kencang dan hujan lebat mengguyur wilayah tersebut, yang dinilai sejumlah warga tidak seperti lazimnya. Gulungan angin yang cukup besar datang dari arah Selatan menuju Utara. Angin yang terus berputar itu akhirnya melewati pemukiman warga lingkungan VI Kelurahan Girian Indah, yang memporak-porandakan rumah yang dilewatinya sehingga atap rumah terbang hingga puluhan meter dan tiang rumah patah. Bahkan pohon-pohon disekitar wilayah itu ada yang tumbang.

Salah satu pasangan suami istri Yakub Ngadi (59) dan Aisyah Mawuntu (50) yang nyaris tertimpa atap rumah, menceritakan saat angin kencang dan hujan lebat ketika Ia dan suaminya berada di dalam rumah tiba-tiba saja mereka melihat rumah mereka bergoyang-goyang dan hendak roboh dan atap rumah mulai beterbangan.

”Saking takutnya saya dan suami keluar rumah, karena takut tertimpa bangunan yang porak-poranda akibat angin puting beliung. Dan kalo torang nda cepat so pasti tertimpa atap rumah, meskipun sebuah balok sempat mengenai punggung kami. Bersyukur kami selamat,” ujar Aisyah.

Setelah kejadian ini, rumah yang rusak telah didata pihak Kelurahan dan telah disampaikan kepada Camat.

”Rumah yang rusak telah didata dan telah disampaikan ke pemerintah setempat,” ujarnya.

Sementara itu Camat Girian Steven Suwuh SSTP, MSi, mengungkapkan bahwa dari data yang tercatat ada 22 rumah yang mengalami kerusakan dan tujuh diantaranya rusak berat, namun tidak ada korban jiwa.

”Kejadian ini sudah disampaikan ke Walikota. Dan beliau sudah memerintahkan agar mendata dan membuatkan laporan karena dalam wakti dekat pemerintah akan memberikan bantuan bagi keluarga yang rumahnya rusak,” ujar Suwuh sembari menghimbau agar warga yang ditimpa bencana tetap tenang dan mengarahkan warga untuk sementara menginap di rumah tetangga RT, dan Kelurahan. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading