Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

PVMBG Tetapkan Status Gunung Soputan Level Siaga

Staff Manado Today   |   3 Juli 2011 – 22:51 WITA

Sarundajang Bagikan 10 Ribu Masker Kepada Warga Masyarakat

Debu Vulkanik Gunung Soputan

Gunung Soputan Meletus, Muntahkan Debu Vulkanik View Molompar Mitra

Amurang Today – Pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan status gunung itu naik menjadi level siaga. “Sejauh ini belum ada perintah untuk mengevakuasi warga, hanya saja langkah waspada telah disampaikan. Bahkan sudah dikeluarkan perintah tanggap darurat,” kata Staf Ahli Gubernur bidang Komunikasi dan Informasi, Michael Umbas.

Gunung api dengan ketinggian 1.784 meter (5.853 kaki) di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan itu, sempat mengalami erupsi pada Minggu (03/07/2011) sekitar pukul 06.00 wita, dengan beberapa kali dirasakan getaran oleh warga.

Tak pelak atas bencana tersebut, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) SH Sarundajang membagikan sebanyak 10 ribu masker kepada warga yang berdomisili di kaki gunung Soputan tersebut.

“Masker yang dibagikan Gubernur bertjuan agar warga bisa menghindari dampak buruk dari penyebaran debu vulkanik Soputan,”tukas Umbas.

Debu vulkanik yang menyemburkan, turut mengganggu kondisi kesehatan warga karena bisa saja terancam Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), paru-paru dan sebagainya.

Sejumlah desa yang dikunjungi, seperti Desa Maliku, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan serta beberapa desa di Minahasa Tenggara, seperti Tombatu, Ratahan dan Touluan.

Gubernur sendiri sudah meninjau lokasi meletusnya gunung api itu, terutama di Pos Pemantau Gunung Soputan di Desa Maliku, sekaligus mengamati langsung aktifitasnya.(ann/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading