Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Rabies Meningkat, Dispertanak Minahasa Selatan Hanya Diam

David Masengi   |   16 Februari 2012 – 10:05 WITA

Amurang, (manadotoday.com)-Kinerja Dinas Pertanian dan Perternakan (Dispertanak) Minahasa Selatan mulai di pertanyakan warga. Pasalnya, terhitung sejak Bulan Januari hingga bulan February di tahun 2012 ini, tercatat sudah ada enam kasus korban gigitan anjing gila atau rabies.
Kasus ini terjadi di daerah Kelurahan Ranoiapo dan Buyungon Kecamatan Amurang. Ironisnya, pemerintah dalam hal ini instansi terkait yakni Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) serta Dinas Kesehatan (Dinkes), belum juga bertindak.
Dari pantauan manadotoday, langkah mendesak seperti penyuntikan vaksin rabies pada anjing yang berada di kawasan rawan belum dilakukan. Selain itu penyuluhan kepada masyarakat juga hingga kini tidak dilakukan.
“ Seharusnya dengan adanya kasus rabies tersebut, instansi terkait harus cepat tanggap menanggulangi. Apalagi di tahun lalu sudah ada warga yang meninggal karena terkena rabies akibat gigitan anjing. Paling tidak segera melakukan penyuntikan vaksin rabies pada anjing-anjing, kan disini banyak warga yang memilihara anjing. Jangan menunggu korban jatuh bertambah, baru kemudian ada perhatian, hal ini bisa berakibat vatal. Saya kira apapun yang menjadi kendala, bukan menjadi alasan me-ngenyampingkan hal ini,” ujar Nikson Tumanken, warga Buyungon kepada manadotoday.
Sementara itu Kepala Dispertanak Minsel Ir Decky Keintjem ketika dikonfirmasi manadotoday mengaku kesulitan melakukan vaksin kepada hewan peliharaan seperti anjing, karena keterbatasan dana. Apalagi dengan anggaran yang di plot tahun ini sangat kecil bila dibanding kebutuhan.
“Kami kekurangan vaksin sekarang, tapi kami akan mengusahakan untuk memintakan bantuan ke propinsi menyediakan vaksin yang dibutuhkan,” ujar Keintjem.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading