Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Utara

Rakyat Desa Pinenek Liktim Desak Pelaksanaan Pilhut

Redaksi Manado Today   |   2 April 2011 – 19:37 WITA

Manado Today – Warga Desa Pinenek, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, mendesak kepada pemerintah setempat untuk melakukan pemilihan kepala desa (hukum tua) di desanya, karena masa jabatan kepala desa sekarang sudah habis.
Salah satu warga Pinenek, Lefran Uwu Sabtu, mengatakan desakan warga terhadap pergantian kepala desa yang saat ini masih dijabat Sintje Tuwo, sudah sesuai aturan yang berlaku.
“Sudah 12 tahun hingga Mei mendatang, kepala desa memegang jabatan ini, padahal batas waktu sebenarnya hanyalah delapan tahun yang sisa empat tahun hanya sebagai pelaksana harian, sehingga kami mendesak untuk segera dilakukan pemilihan kepala desa,” ujarnya.
Sebelumnya, katanya, Desa Pinenek sudah pernah melakukan pencalonan kepala desa, namun entah kenapa hal tersebut batal.
“Batalnya pencalonan kepala desa, akhirnya ditetapkanlah Sintje Tuwo sebagai pelaksana harian (plh), padahal masyarakat sudah mendesak pemilihan tersebut, bahkan kami menilai pemilihan ini seakan diulur-ulur,” ujarnya.
Yang memprihatinkan, kata Uwo, jabatan kepala desa Pinenek seolah hanya milik keluarga, karena sebelum dipegang oleh Sintje Tuwo, awalnya kepala desa Pinenek dijabat oleh suaminya yaitu F Sigarlaki selama 18 tahun.
“Jadi, kalau dihitung-hitung, jabatan kepala desa yang berasal dari keluarganya mencapai 30 tahun, sehingga selayaknya untuk pembenahan,” katanya.
Menanggapi hal tersebut, Camat Likupang Timur, Tommy N Dolongseda SSos, mengatakan, pihaknya tetap mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2006 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa (hukum tua).
“Kami tidak pernah mengulur-ulur waktu pemilihan kepala desa, selama Badan Pemilihan Desa (BPD) siap, maka kamipun siap melakukan pengawasan, karena semua proses dari BPD sendiri,” katanya.
Tommy mengakui pada waktu lalu masyarakat Pinenek memang pernah datang untuk mendesak pemilihan kepala desa, namun harus dibentuk panitia BPD dahulu agar prosesnya dapat dilakukan.
“Jadi, ketika Panitia BPD ini sudah ada, maka bukan tidak mungkin pemilihan kepala desa akan segera dilaksanakan, demi memenuhi keinginan masyarakat, yang didalamnya berkoordinasi dengan kepala bidang pemerintahan, sehingga camat tidak mencampuri urusan tersebut dan hanya sebatas pemantauan,” jelasnya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading