Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Ramdhani : UMP 2012 Idealnya Rp 1,3 Juta

Staff Manado Today   |   6 Oktober 2011 – 23:31 WITA
Benny Ramdhani

Benny Ramdhani

Manado Today – Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulut saat ini Rp 1.050.000, namun melihat kebutuhan yang tinggi sehingga perlu ditinjau kembali. Alhasil personil komisi IV DPRD Provinsi Benny Ramdhani mengusulkan idealnya UMP untuk tahun 2012 berada di kisaran Rp 1.300.000.

Usulan Ramdhani tersebut, mendapat persetujuan koleganya di Komisi IV termasuk Ketua Prof Yopie Paruntu, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dewan pengupahan provinsi yang dilaksanakan Kamis (06/10/2011) tadi.

“Angka Rp 1.300.000 cukup ideal, karena yang menjadi variabel dari penentuan UMP. Kenaikan ini sangat beralasan mengingat pertumbuhan ekonomi Sulut cukup baik, bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional,”ujar Ramdhani.

Lanjut dikatakan Ramdhani, kebutuhan Layak Hidup (KLH) terkait hasil survey Komisi Pengupahan tahun 2011, ada pada kisaran Rp 1.078.000.

“Masalahnya UMP yang akan ditetapkan adalah UMP tahun 2012 yang tentunya akan mengalami perubahan dan dinamika kebutuhan yang berbeda, sementara yang digunakan adalah kajian 2011, itu perlu ada pengkajian kembali” tandas Legislator Dapil Bolmong ini.

Dijelaskan Prof Paruntu didampingi Benny Ramdhani, tiga opsi tersebut nantinya, akan disampaikan dewan pengupahan kepada Gubernur.

“Tiga opsi pilihan yang nantinya disampaikan kepada Gubernur yakni pertama mengakomodir keinginan para buruh Rp 1.600.000, kedua mengikuti aspirasi Asosiasi Pengusaha Seluruh Indonesia (ASPINDO) sebesar Rp 1.078.000, atau opsi ketiga jalan tengah yang diusulkan DPRD Rp 1.300.000,”jelas mantan Rektor Unsrat dua periode tersebut.

Lebih jauh dikatakan Paruntu, terkait inflasi, krisis ekonomi yang kini melanda Eropa tidak akan berdampak di Sulut. Hal ini pula telah ditegaskan Presiden SBY pada tangal 16 Agustus 2011 lalu dalam pidato kenegaraan.(timMT)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading