Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Ranoyapo dan Motoling Waspada Wabah Flu Burung

Staff Manado Today   |   21 April 2011 – 10:24 WITA

Modoinding Today – Setelah menemukan dua ekor ayam di Kecamatan Modoinding yang positif terjangkit virus Flu Burung, dan melakukan pemusnahan di Kecamatan Modoinding, Maesaan dan Tompaso Baru. Wilayah sekitar seperti Kecamatan Ranoyapo dan Motoling Raya, diminta untuk terus waspada.Apalagi kedua kecamatan ini berdekatan dengan kecamatan Tompaso Baru. Kalau tidak ada pengawasan ekstra terhadap unggas diwilayah ini, tidak menutup kemungkinan Kecamatan Ranoyapo dan Motoling raya terkontaminasi dengan virus H5N1 yang mematikan tersebut.

“Kecamatan Ranoyapo dan Motoling Raya harus waspada terhadap penyakit yang mematikan ini,” ujar Dr I Ketut Wahyudiarta dr hewan Distarnak Minsel.

Menurutnya pemilik ayam di Ranoyapo dan Motoling Raya sekarang digiatkan sosialisasi mengenai flu burung, dan waspada serta selalu was-was, agar jika ada pemilik ayam mendapati ternak mereka menunjukan gejala-gejala sakit, supaya segera  melaporkan kejadian tersebut agar langsung dilakukan pemeriksaan.

Sementara itu, proteksi unggas dengan manusia masih sangat minim didaerah tersebut, dimana warga sekitar tidak menggunakan masker dan sarung tangan, sehingga resiko tertular virus flu burung lewat udara atau kontak langsung dengan unggas yang sakit sangat besar.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel sendiri baru melakukan tindakan untuk antisipasi tersebut. Kadis Dinkes melakukan rapat bersama kepala Puskesmas Modoinding, dan sudah membicarakan mengenai antisipasi penularan ke Manusia.

“sampai saat ini belum tertular pada manusia,” ujar dr Jeffrey Rogi, Kadis Dinkes Minsel sambil menambahkan jika ada warga terserang demam, flu yang disertai sakit tenggorokan supaya segera melapor agar langsung diperiksa oleh tim dokter.

“Kesehatan warga sekitar terus dipantau apalagi yang ada di radius 50 meter dari lokasi kejadian,” ujarnya kepada manadotoday Kamis (21/04/2011). Selain itu Dinkes juga sudah membagikan obat tamiflu bantuan dari Pemprov, ke puskesmas Modoinding dan Tompaso Baru. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading