Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Selatan

Raskin di Minahasa Selatan ‘Diduga’ Diselewengkan

David Masengi   |   22 Februari 2012 – 21:09 WITA
Corneles Mononimbar

Kabag Perekonomian Minsel, Drs Corneles Mononimbar

Amurang, (manadotoday.com) – Beras miskin (Raskin) yang merupakan program pemerintah untuk masyarakat kurang mampu di Kabupaten Minsel, diduga telah diselewengkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Informasi yang berhasil dihimpun manadotoday seperti terjadi di Kelurahan Kawangkoan Bawah, Kecamatan Amurang Barat dan Desa Kilotiga Kecamatan Amurang. Dimana jatah untuk setiap kepala keluarga (KK) harusnya 15 kg, hanya direalisasikan 7 Liter. Begitu pulah dengan harga per kilogram harusnya Rp 1600 ternyata dipatok diatas Rp 2500.
Tragisnya lagi, selain volume dan harga yang sudah tidak sesuai, kualitas beras yang dibagikan juga dicurigai tidak sesuai seperti dijanjikan pemerintah dan Bulog beberapa waktu lalu. Karena setelah dimasak menjadi nasi terasa keras serta berbau. Padahal sebelumnya koordinator Bulog Minsel, Nico Mawuntu, beberapa waktu lalu mengatakan kalau untuk raskin yang disediakan beras mutu medium yang diimpor dari Vietnam.
“Kita memang sudah mendapatkan jatah beras miskin, namun setiap KK hanya diberikan jatah 7 liter dengan harga Rp 15 ribu. Menurut kelurahan, jatahnya memang sudah begitu. Padahal informasi sebelumnya tiap KK 15 kg dengan harga Rp 1600/kg. Sedangkan beras yang dijanjikan tidak seperti harapan,” keluh ibu rumah tangga asal Desa kilotiga.
Sementara itu Kabag Perekonomian Drs Corneles Mononimbar, terkait hal ini menuturkan akan menurunkan tim untuk mengecek kebenaran laporan masyarakat tersebut. Menurutnya, jika terbukti, pihaknya tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas terhadap oknum tersebut.
“Harusnya penyaluran raskin ada pengawasan dari pihak Kecamatan. Karena pihak kecamatan telah menerima dana pengawasan dari pihak Bulog,”tegasnya.
Lanjut dikatakan mantan abag Organisasi dan tata laksana itu, untuk kualitasnya ada kemungkinan di tukar.
“Setahu saya raskin kali ini lebih baik dari sebelumnya,”pungkasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading