Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Tenggara

Ratusan Ayam di Ratatotok Mati

Staff Manado Today   |   29 Maret 2011 – 17:47 WITA

Ratatotok Today – Kerugian yang cukup besar dialami peternak ayam di wilayah Kecamatan Ratatotok Minahasa Tenggara (Mitra). Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir, sekitar 300-an ekor ternak ayam mati akibat terserang virus totor vurens, atau penyakit ND (New castle disease).Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Mitra sendiri, setelah menerima laporan tersebut, langsung turun lapangan untuk mengecek penyebab tewasnya ratusan ternak ayam tersebut.

“Jadi setelah kita melakukan pemeriksaan ternyata ratusan ternak ayam yang mati tersebut disebabkan oleh serangan virus totor vurens yang digolongkan sebagai penyakit ND (New castle disease). Kejadian ini sendiri disebabkan sejumlah faktor, diantaranya bangkai ayam yang sudah mati hanya dibuang di belakang rumah, kandang berdekatan dengan rumah, sanitasi kandang kurang baik, pemeberian vaksin tidak teratur dan ayam yang di vaksin diduga sedang sakit,” jelas Kadistanak Mitra, Ir B.A Tinungki, Selasa (29/03/2011).

Diungkapkan Tinungki lagi, bahwa untuk penanggulangannya sendiri sebenarnya tidak sulit, dimana selain melakukan vaksin secara teratur dan tepat waktu dengan cara vaksin melalui mulut/mata dua tetes (mulut untuk umur 2 tahun) dan satu tetes (mata umur 1 hari), juga harus secara rutin melakukan injeksi 1 cc/ternak setiap tiga bulannya.

Selain itu, para peternak juga harus melakukan penanggulangan penyebab virus tersebut dengan cara membakar sekaligus menimbun bangkai ternak yang telah mati.

“Jadi jangan dibuang disembarang tempat. Kemudian, kandang harus bersih, kering dan jangan lembab, ternak ayam harus dikandangkan dan jauh dari pemukiman kurang lebih 25 meter dan terakhir sanitasi kandang dengan baik,” pungkasnya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading