Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Ratusan Hektar Sawah di Paslaten dan Suluh Dilanda Kekeringan

David Masengi   |   11 Desember 2011 – 21:29 WITA

Amurang, MTC – Selang tiga tahun belakangan ini ratusan hektar di Desa Sulu dan Paslaten Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan, mengalami kekeringan. Akibatnya para petani tidak bisa lagi menanam di areal persawahan ini dikarenakan jebolnya bendungan yang berfungsi mengaliri air ke persawahan.
”Masalah ini sudah sejak lama dilaporkan ke Pemkab Minsel, bahakan dua minggu lalu masalah yang sama telah kami sampaikan namun hingga kini belum ada tindak lanjut, padahal sebagian besar warga menggantungkan hidupnya di usaha ini,” ujar Roy Tengor salah satu petani asal Paslaten ketika menhibungi manadotoday, Minggu (11/12/2011)
Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Minsel Ir Decky Keintjem ketika dimintai tanggapannya terkait hal ini, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan peninjauan areal persawahan di Desa Sulu dan Paslaten yang dikeluhkan warga telah mengalami kekeringan.
”Kami akan melakukan peninjauan ke lokasi,,’ ujar Keintjem.
Hanya saja Keintjem menyarankan, lokasi persawahan yang kering ini sebaiknya untuk sementara ditanami Jagung, dari pada dibiarkan menjadi lahan tidur.Sebab area yang kosong itu jika ditanami Jagung bisa menghasilkan keuntungan.
”Dari pada mubasir dan dibiarkan menjadi lahan tidur sebaiknya, areal persawahan difungsikan untuk ditananami Jagung, agar bisa menghasilkan sebelum akan dilakukan perbaikan bendungan,” saran Keintjem. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading