Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Ratusan Juta Dana Parkir Diduga Menguap

Staff Manado Today   |   19 Juli 2011 – 23:15 WITA

Manado Today – Tiada lahan tanpa parkir itulah kata yang pas untuk Kota Manado. Alhasil, ratusan juta dana parkir yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Manado, khususnya UPTD Parkir, diduga sebagiannya menguap karena tidak disetor ke kas daerah, melainkan dipergunakan untuk kepentingan pribadi dan kelompok-kelompok tertentu.

Parkir Tepi Jalan Umum (TJU), disebut-sebut paling banyak menghasilkan upeti dibanding lahan parkir umum lainnya. Diperkirakan ada sekitar Rp 150 juta dana parkir setiap bulan yang mengendap ke kantong-kantong pribadi, atau setara dengan Rp 5 juta setiap harinya. Jumlah itu belum termasuk dana parkir kendaraan lain di titik-titik tertentu semisal, Kantor Pos atau di Kawasan Megamas yang disetor berdasarkan sistem bagi hasil.

Kondisi seperti diperkirakan juga telah berlangsung cukup lama dengan melibatkan oknum-oknum dari Badan Perparkiran dan juru parkir yang kabarnya tidak lagi digaji. Imbasnya, dana parkir yang terkumpul sebagiannya dipotong untuk membayar upah harian. Hal ini dibeberkan oleh sumber yang layak dipercaya yang enggan namanya disebutkan.

Sedikitnya ada sekitar 10 titik parkir TJU yang tersebar di jalur hijau Jalan Sam Ratulangi (Bank BCA hingga Karombasan-red), dengan penghasilan rata-rata Rp 250 ribu hingga 30 ribu per hari dan diawasi langsung oleh oknum pegawai dinas perhubungan.

Sedangkan di Pusat Kota atau di Kawasan Taman Kesatuan Bangsa, dana parkir yang dihasilkan setiap harinya diperkirakan mencapai Rp 7 juta atau bahkan lebih. Naiknya pendapatan parkir menyusul dikeluarkannya peraturan walikota yang melarang kepada Pedagang kaki Lima atau PKL berjualan di kawasan tersebut atau dengan istilah letter T.

Sebagai bukti, lahan parkiran depan Presiden Center dan Kompleks Pertokoan 45, yang sebelumnya hanya diperuntukkan kendaraan satu jejer kini telah berubah menjadi tiga jejer. Pemandangan yang sama juga terlihat di depan Jumbo Swalayan hingga ke kompleks Pelabuhan Manado dan beberapa lokasi lainnya, kini berjejer ratusan kendaraan yang diparkir.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado, Hanny Waworuntu SE LLAJ MSi, hingga berita ini diturunkn, belum dapat dikonfirmasi. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading