Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Ratusan Karung Sampah Berhasil Diangkat dari Bunaken

Ardi Kalumata   |   26 Februari 2012 – 13:34 WITA
sampah

Sampah yang berhasil diangkat dari Bunaken

Manado, (manadotoday.com)—Kegiatan bersih-bersih melalui Save Bunaken yang dilaksanakan Ikatan Sarjana Kelautan Unsrat (ISKU) Sabtu, 25 Pebruari 2012, berhasil mengangkat ratusan karung sampah dari Pulau Bunaken.
Sampah-sampah tersebut berasal dari dua lokasi yakni Liang dan Pangalisang.
‘’Kedua lokasi tersebut merupakan objek wisata favorit yang sering dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Jenis-jenis sampah yang diangkat adalah botol-botol, karung, plastik makanan dari berbagai merek,”jelas Ketua Panitia Pelaksana Sammy Kawengian SKel.
Sementara jumlah peserta sekitar 200 relawan yang terdiri dari Politeknik Negeri Manado, Universitas De la Salle, Balai Pengelolaan Sumber Daya Konservasi Pesisir dan Laut Makassar, Dinas Kebersihan Kota Manado, Himika, Polda, Palamik, Wartawan dan masyarakat. Usai mengangkat sampah, dilanjutkan dengan pemasangan 5 tong sampah yang disumbangkan Politeknik Negeri Manado.
Sementara Ketua Umum ISKU Markho Tampi SIK mengatakan, kegiatan serupa akan dilaksanakan secara berkesinambungan. “Pembersihan sampah di Bunaken telah masuk dalam agenda kerja ISKU. Oleh karena itu, peran aktif dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan lebih khusus Kota Manado dalam menopang kegiatan seperti ini sangat kami harapkan,” kata Tampi.
Lebih lanjut Sekertaris Komisi A Dewan Kota Manado ini mengatakan, kepedulian terhadap kebersihan Pulau Bunaken tidak hanya dari Kota Manado. Buktinya, Instansi dari Makassar turut membaur dengan peserta lain.
‘’Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Kebersihan Kota Manado di bawah kepemimpinan Julises Ohlers yang terjun langsung dalam kegiatan ini,”aku Markho didampingi Sekretaris Umum ISKU Stella Kaunang SPi, MSi dan Ingrid Sembiring SPi selaku Bendahara Umum ISKU.
Merlin, salah seorang peserta merasa berterima kasih karena dengan adanya kegiatan Save Bunaken ISKU, dia bisa menginjak Pulau Bunaken yang menjadi icon pariwisata Sulut.
“Bukan masalah tidak ada uang, tapi momen ini sangat jarang dijumpai, apalagi ke Bunaken bersama teman-teman. Kiranya kegiatan jalan-jalan gratis sambil membersikan lingkungan bisa terus dilakukan ISKU dan organisasi lainnya,”ungkap Merlin sembari meminta masyarakat maupun siapa saja yang ke Pulau Bunaken supaya tidak membuang sampah sembarangan. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading