Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Ratusan Perusahaan di Minsel Dinilai Acuhkan Nasib Naker

David Masengi   |   5 September 2012 – 10:22 WITA

AMURANG, (manadotoday.com) Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Minahasa Selatan (Minsel) Drs Jefry Prang, mengungkapkan bahwa dari ratusan perusahaan yang ada di Minsel, hingga saat ini baru sekitar 4 perusahaan yang melapor ke Dinsosnakertrans Minsel.

”Baru empat perusahaan dari ratusan perusahaan, yang melapor tentang data tenaga kerja di Dinsosnakertrans,” ujar Prang.

Padahal menurut Prang di Minsel sendiri ada ratusan perusahan besar, sedang maupun kecil yang telah ada selam bertahun-tahun. Akibatnya kata Prang, jika terjadi kecelakaan kerja atau ada perlakuan tidak mengenakkan oleh pihak perusahaan terhadap para tenaga kerja pihaknya tidak mungkin turut campur.

”Ini artinya pihak perusahaan mengacuhkan nasib para tenaga kerja. Namun jika perusahaan melapor ini akan meudahkan Disnakertrans melakukan pengawasan kepada perusahaan. Sebab berdasarkan UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan disebutkan bahwa pengusaha atau pengurus wajib melaporkan secara tertulis setiap mendirikan, menghentikan, mendirikan kembali, memindahkan atau membubarkan perusahaan,” ujarnya.

Sementara Itu Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) DPC Minsel Decroly Raintama menyebut agar pihak perusahaan harus bersikap pro aktif.

“Karena memang masih banyak yang mengabaikan hal tersebut. Perlakuan tidak wajar masih diterima karyawan misalnya, pelanggaran terkait UMP, keselamatan kerja belum sepenuhnya diterapkan pihak perusahaan. Selain itu, tentang asuransi atau Jamsostek, seharusnya perusahaan yang  memiliki 10 tenaga kerja sudah selayaknya diberikan jaminan Jamsostek juga,” tandasnya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading