Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Ratusan Rumah di Manado Tenggelam

Manado Today   |   11 Desember 2010 – 00:35 WITA

Manado Today – Tingginya cura hujan yang mengguyur Kota Manado mengakibatkan meluapnya sejumlah sungai. Tak pelak, hujan deras yang disertai angin kencang tersebut sejak Kamis (09/12/2010) malam sekitar Pukul 19.00 wita hingga Jumat (10/12/2010) dini hari tadi, menengelamkan ratusan rumah.

Walikota Manado Vecky Lumentut, saat mengunjungi lokasi banjir

Walikota Manado Vecky Lumentut, saat mengunjungi lokasi banjir

Dimana sejumlah wilayah yang terkena banjir yakni di Kecamatan Singkil, tepatnya di Kelurahan Karame, Wawonasa, Ternate Tanjung, Tanjung Bawah, Kombos. Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Tikala, tepatnya di Paal 2, lingkungan 2, khsusnya di Kampung Tubir, sekitar 420 rumah terendam air.

Sedangkan di wilayah Wawonasa dan sekitarnya, air naik hingga lebih dari tiga meter, dan melewati atap rumah. Untungnya dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa. Sementara kerugian materi mencapai ratusan bahkan miliaran rupiah. Warga di sekitar daerah bencana pun langsung mengungsi ke tempat yang lebnih aman.

Kepala Badan Meteorologi, Kllimatologi dan Geofisika (BMKG) Manado, Sutikno, melalui staf analisa stasiun klimatologi, Daniel Kusuma mengatakan, penyebab banjir tersebut yakni selain curah hujan yang terjadi cukup tinggi, juga dikarenakan di Tondano, Minahasa selang beberapa hari terakhir terus turun hujan, yang mengakibatkan, air yang dari sungai Tondano, mengalir ke Manado.

“Cuaca ekstrim ini yakni hujan yang disertai badai diperkirakan masih akan terjadi sampai tiga hari kedepan. Oleh karenya masyarakat diharapkan dapat terus waspada,” jelas Daniel.

Informasi manadotoday, tidak hanya rumah warga yang jadi korban banjir, namun puluhan hewan ternak seperti babi, juga jadi korban. Hal ini terjadi di Paal dua, dimana pagi kemarin puluhan ekor babi dengan berat lebih dari 100 kilogram setiap ekornya, nampak sudah mati dan tergeletak di jalan, tepatnya di depan supermarket Sahabat.

Tidak hanya itu, jembatan Miangas yang terletak di jalan Martadinata, tepatnya Kelurahan Dendengan Dalam, Kecamatan Tikala, hingga pagi kemarin, masih dipenuhi dengan air. Begitu juga yang terjadi di Sario, dan Tanjung Batu, Kecamatan Wanea. Alhasil, Walkikota Manado, Vicky Lumentut dan Wawali Harley Mangindaan, langsung turun ke lokasi bencana. Hal yang sama juga dilakukan oleh ketua dan wakil ketua PMI Manado, Ny Paula Lumentut Runtuwene dan Ny Sheila Mangindaan Kudati, sekaligus menyerahkan bantuan.(aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading