Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Ratusan Rumah di Minahasa Terendam Air

Redaksi Manado Today   |   5 Agustus 2010 – 18:53 WITA

Tondano – Bencana tahunan yang melanda masyarakat Minahasa mulai tampak di sejumlah wilayah disaat musim penghujan. Hal ini terpantau jelas untuk beberapa Kelurahan di Kabupaten Minahasa diantaranya kelurahan Kiniar, Kelurahan Tolour dan sebagian kelurahan Roong yang mulai terkena imbas naiknya permukaan Air Danau Tondano dan menyebabkan ratusan rumah terendam  air.

Data yang diperoleh Manado Today, Kamis (5/8) dari masyarakat sekitar, ketinggian air sekitar 60 sentimeter hingga 1 meter.

Berdasarkan pengakuan warga Kelurahan kiniar Jaga 6, Jimmy (48) dan Detje Kamasi, proses terendamnya rumah mereka sudah berlangsung hampir dua minggu lamanya bahkan dari pihak pemerintah kabupaten Minahasa belum melakukan observasi dan memberikan bantuan bagi korban. Hal senada dikatakan warga Kelurahan Tolour, Freddy Sumarandag dan Bapak Klereng. Menurut mereka pemerintah kabupaten Minahasa sebaiknya memberikan teguran kepada pihak  PLN yang menurut mereka menutup pintu air menuju ke PLTA Tanggari. “torang kurang ja tidor dengan was-was bahkan so sadia akang rakit for mojaga-jaga, tolong PLN buka jo sesuai ambang batas dan jika lebih silah kan dibuang airnya untuk proses di PLTA,” kata Sumarandag dan Klereng. Mereka menjelaskan bahwa dampak negative yang dihasilkan oleh “banjir” tahunan ini yakni tergenangnya areal persawahansehinggamembuathasilpanenterancampuso, kerusakan fisik rumah dikarenakan terendam air dalam kurun waktu yang cukup lama terutama factor kesehatan masyarakat dan dijadikan ajang perkembangbiakan nyamuk. “Tolong pemerintah Kabupaten Minahasa lia akang kasiang torang pe keadaan, jang Cuma da sibuk-sibuk urus tu Pilkada kong tu masyarakat Minahasa laeng was-was karena terancam banjir,” sembur keduanya.(cen)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading