Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Totabuan

Realisasi BOK di Boltim Diistimewakan

Redaksi Manado Today   |   5 September 2010 – 01:21 WITA

Manado Today – Realisasi dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Sulut, telah dikucurkan sekitar 80 persen oleh pemerintah pusat di 156 Puskesmas yang ada di wilayah Nyiur Melambai ini.

Menariknya, dalam realisasi dana tersebut, untuk wilayah Bolmong Timur (Boltim), dapat dikatakan diistimewakan. Pasalnya, daerah pemekaran dari wilayah Bolmong induk itu, mendapat kucuran dana sebesar 400 juta yang dibagikan di 4 puskesmas yang ada.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut, Dr Maxi Rondonuwu kepada wartawan mengatakan, memang untuk wilayah Boltim, keempat puskesmasnya, mendapat masing-masing 100 juta, sebab mereka menjadi puskesmas percontohan, yang telah diakui oleh pemerintah pusat.

“Ya, memang kendati untuk puskesmas lain hanya mendapatkan masing-masing 22 juta per-puskesmasnya, namun untuk wilayah Boltim, mendapat 400 juta, yang akan dibagi ke empat puskesmas, berdasarkan petunjuk pemerintah pusat,” ungkap Rondonuwu.

Lanjutnya mengatakan, untuk dana tersebut, walaupun nilainya berbeda dengan puskesmas yang lain, namun fungsinya tetap sama, yakni untuk biaya oprasional kesehatannya, bukan untuk proyek fisik.

“Kami tetap akan melakukan kontrol. Dan jika kedapatan, kami akan tindak,” ketusnya.

Ia menambahkan, kemungkinan juga dalam waktu dekat ini, sisa dana BOK yang masih sekitar 20 persen, akan disalurkan oleh pemerintah pusat.

“Jika dananya sudah ada, akan kami langsung salurkan ke masing-masing pemkabnya, yang akan meneruskan ke masing-masing puskesmas diwilayahnya,” ucap Rondonuwu. (Ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading