Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Rektor UNG Minta Senat Tegakkan Etika Ilmiah

Redaksi Manado Today   |   3 Juni 2011 – 20:05 WITA

Gorontalo Today – Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Syamsu Qomar Badu meminta pihak senat universitas itu, untuk menegakkan etika ilmiah para dosen.

“Sebagai Rektor, saya sangat prihatin dengan adanya kasus ini, apalagi muncul pada saat dicanangkannya pendidikan karakter,” kata dia, Jumat sore.

Hal ini dinyatakannya terkait dengan adanya lagi temuan tentang dosen yang melakukan plagiat, atau meniru karya tulisan orang lain secara utuh tanpa menyebutkan sumbernya. Kepada seluruh civitas akademika UNG, dia mengimbau agar berlaku jujur, terutama saat menyusun karya tulis.

Kasus Plagiat di UNG kembali terjadi. Kali ini dilakukan oleh seorang dosen berinisia AR, staf pengajar di Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada 5-7 Mei 2011, secara bersambung AR mempublikasikan artikel di harian Gorontalo Post, berjudul “Kepala Sekolah Bervisi Kualitas Berkelanjutan”, yang ternyata plagiat dari sebuah artikel berjudul “Profesionalisme Kepala Sekolah dan Perbaikan Pendidikan” karya Dion Eprijun Ginarto, dosen Akademi Bahasa Asing (ABA, Nurdin Hamzah Jambi.

Sedang tulisan kedua yang diplagiat, juga dipublikasikan di koran Gorontalo Pos, edisi 23-25 Mei 2011, berjudul ‘Pendidikan Bukan Kapitalisme yang Licik’, ditulis AR sebagai refleksi hari pendidikan nasional.

Judul asli tulisan tersebut adalah “Pendidikan untuk Siapa, Analisis tentang UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional” karya Muhammad Rizal Siregar, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Graha Kirana Medan, tulisan aslinya pernah dimuat di Buletin JALA (Jaringan Advokasi Nelayan Sumatera Utara) 2003 silam.

Atas perbuatannya itu, AR dicopot dari sejumlah jabatannya, yakni ketua Ikatan Penulis Indonesia Gorontalo, sekretaris jurusan program Pendidikan Luar Sekolah (PLS) serta sekretaris Senat Fakultas Ilmu Pendidikan, tempatnya mengajar selama ini.

Dosen yang dikenal produktif dan telah menelurkan sejumlah buku itu, juga dilarang menulis untuk sementara waktu. Kasus plagiat di UNG, sebelumnya juga pernah terjadi tahun lalu, ketika dua orang dosen ketahuan saling contek karya ilmiah untuk pengabdian masyarakat. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • Dion mengatakan:

    Terimakasih telah memberikan tindakan kepada dosen inisial ‘AR” , saya adalah penulis asli Artikel: “Profesionalisme Kepala Sekolah dalam Perbaikan Mutu Pendidikan”

    semoga pak “AR” dapat segera memperbaiki kesalahannya.

    Dion

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading