Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Republik Ceko Ingin Kerjasama Energi dengan Sulut

Tonny Sumakul   |   28 September 2012 – 19:17 WITA
Gubernur Sulut

DR SH Sarundajang

MANADO, (manadotoday.com) – Republik Ceko menilai Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai salah satu daerah penting dan sangat potensial di Indonesia. Hal itu ditindaklanjuti dengan keinginan Ceko untuk menjalin kerjasama dengan Provinsi Sulut dalam pengembangan energi khususnya micro energi untuk daerah kepulauan.Dalam kunjungan Duta Besar Republik Ceko di Indonesia, Thomas Smetanka, kepada Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Jumat (28/9), mengungkapkan, jika daerah ini sangat potensial untuk pengembangan sumber daya energi.

“Kami ingin menjalan kerjasama dengan daerah ini khususnya di bidang energi,” ujar Smetanka, didampingi Duta Besar Indonesia Untuk Republik Ceko Ameria W Siregar, Ketua Komisi 5 DPR RI Yasti Soepredjo Mokoagouw, Deputi Bidang Ekonomi Kedubes Ceko untuk Indonesia, Jan Janda dan Konsul Kehormatan Ceko untuk Kawasan Timur Indonesia M Alwi Hamu.

Sementara itu, Sarundajang menanggapi keinginan Republik Ceko itu, mengatakan, pihaknya memberi aspresiasi positif atas permintaan kerjasama ini, karena dinilai sangat menjanjikan untuk kemajuan daerah.

“Leading Sector Pembangunan Sulut adalah pariwisata. Kerjasama ini akan dapat memajukan berbagai sektor di daerah ini,” ungkap Sarundajang.

Sementara Dubes Ameria W Siregar, mengatakan, Republik Ceko nantinya akan mengundang dan memfasilitasi kunjungan Sarundajang ke Bussiness Trip ke Republik Ceko.

“Waktunya nanti akan disesuaikan dengan jadwal Gubernur. Kami akan undang juga Pemprov Sulut berpartisipasi dalam Holiday World, yang merupakan suatu festival tahunan dalam rangka promosi wisata yang diselenggarakan di Praha,” ungkapnya, seraya mengatakan kegiatan itu akan berlangsung Bulan April 2013 mendatang.

Terungkap juga, Dubes Ceko dan tim rencananya akan melakukan pertemuan dengan para pengusaha di Sulut.

Hadir dalam pertemuan itu, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulut Ir. Roy Roring, M.Si dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Suprianda Ruru SH. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading