Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Retribusi Pasar di Langowan Dikeluhkan Sejumlah Sopir

Staff Manado Today   |   21 Juni 2011 – 23:44 WITA

Langowan Today – Sejumlah sopir pengangkut Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di pasar Langowan, mengeluhkan tingginya retribusi yang dikenakan pengelola pasar tradisional di Langowan tersebut. Pasalnya, jika dibandingkan dengan pasar di Manado, retribusi pasar di langoan capai Rp25 ribu.

David, sopir mobil kanvas bahan pokok di Manado, mengatakan, kendaraan yang membayar retribusi tetapi tidak sebesar yang ditentukan tersebut, akan dipaksa para petugas pasar yang berjaga di lokasi pasar tersebut untuk menagih retribusi. Selain itu, akibat retribusi yang terlalu mahal tersebut, dirasakan sangat memberatkan para sopir angkutan bahan kebutuhan pokok, karena menambah beban transportasi.

“Bahan Bakar Minyak (BBM,red) sudah susah didapat. Ditambah lagi dengan biaya retribusi mahal, mengakibatkan biaya membengkak sangat tinggi,” kata kata David.

Ia menilai lagi, penarikan retribusi yang sangat mahal itu, sudah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir dan belakangan ini semakin menjadi-jadi karena cara penagihan petugas pasar sudah mengandung unsur paksaan.

Sementara itu, Lynda salah satu warga Langowan, mengatakan, keluhan para sopir angkutan bahan kebutuhan pokok tersebut harus mendapat perhatian serius pemerintah daerah setempat. Sebab, jumlah retribusi tidak wajar lagi , maka dampaknya bukan hanya distribusi jadi terhambat tetapi juga bakal terjadi lonjakan harga bahan pokok.

“Pengelola pasar supaya memperhatikan kepentingan masyarakat. Jangan hanya mengejar setoran retribusi, kemudian seenaknya melakukan pungutan liar,” ketus Lynda. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading