Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Manado

Retribusi Terminal Diduga Sarat Penyimpangan

Staff Manado Today   |   23 Agustus 2011 – 11:30 WITA

Manado Today – Institusi Dinas Perhubungan (Dishub) Manado nampaknya tidak sepi dengan isu tak sedap. Jika sebelumnya isu terkait pungutan terhadap pembuatan ijin berlayar, kemudian parkiran, kali ini menyangkut retribusi terminal yang berjumlah miliaran rupiah setiap tahunnya diduga sarat penyimpangan.

Sonny Lela

Sonny Lela

Ketua Aspido Tery Umboh dihadapan anggota Dekot Manado beberapa waktu lalu berujar retribusi parkiran kini mulai dipertanyakan sebab selama ini retribusi yang dipungut itu dinilainya tidak tepat mengingat Manado tidak memiliki terminal yang definitif.

“Kami pengusaha angkot diwajibkan membayar retribusi terminal, tapi nyatanya selama ini dimana ada terminal?

Padahal jika setiap 6 bulan pengusaha dibebankan Rp150 ribu/angkot dikalikan dengan 4000 angkot, tidak kurang dari Rp1,2 miliar pemasukan pemkot dari sektor ini,” ujar Umboh.

Dilanjutkannya, selain itu pula pihak pengusaha angkot pun diminta untuk membayar sejumlah pungutan. “Diantaranya SIT sebesar Rp75 ribu untuk 1 tahun ditambah lagi dengan Rp65 ribu setiap 6 bulan. Semua pungutan ini tidak masalah, tapi yang sangat memberatkan kami pungutan dari retribusi terminal,” keluhnya.

Sementara itu, Personil Dekot Komisi B Sonny Lela menegaskan pihaknya masih akan mengumpulkan data dan akan menindaklanjut secepatnya persoalan ini. “Jika ada kerugian negara didalamnya, pasti itu namanya penyimpangan. Namun kami tidak ingin gegabah dan harus kroscek lagi dengan data yang ada agar tidak salah kaprah dan menimbulkan fitnah,” tegasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading