Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Politik

Revitalisasi Pertanian Sulut ”Masih” Diatas Kertas

Redaksi Manado Today   |   19 Februari 2011 – 22:08 WITA

Manado Today – Revitaliasi bidang pertanian yang telah dicanangkan beberepa tahun silam, berdasarkan pengamatan personil Komisi II DPRD Sulut Teddy Kumaat SE, belum dapat dilaksanakan secara maksimal alias masih diatas kertas . “Saya melihat program revitalisasi pertanian masih diatas kertas dan belum berjalan sebagaimana mestinya,” kata Kumaat.

Hal tersebut menurut Kumaat, sebagian besar disebabkan belum dimilikinya peta wilayah Komoditi pertanian yang dijadikan acuan pemanfaatan lahan. “Sesuai hasil dengar pendapat Kami dengan Dinas Perkebunan, kami menemukan belum dimilikinya peta yang dijadikan rencana tataruang wilayah pertanian. Padahal peta ini sangat penting, mengingat tidak setiap wilayah di Sulut cocok untuk salah satu komoditi,” kata Kumaat.

Selanjutnya mantan wakil walikota Manado menegaskan, pemerintah provinsi melalui instansi terkait segera menyelesaikan pemetaan wilayah pertanian sehingga kepastian pemilihan dan penentuan investasi dunia pertanian terbuka lebar, juga sangat berguna bagi petani. “Jika petani melakukan penenaman, maka dapat berpedoman pada peta wilayah tersebut.  Jika petani salah menanam komoditas misalnya Pala atau Cocoa, padahal dalam peta wilayah cocok untuk Kelapa dan Cengkih tentu kerugian bakal diderita petani kita. Untuk mencegah hal ini peta wilayah pertanian adalah hal yang mutlak harus ada,” tandas Kumaat. (jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading