Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Selatan

Ribuan Hektar Lahan HGU di Minsel Terlantar

Staff Manado Today   |   22 Juli 2011 – 08:54 WITA

Kohdong : Sebaiknya Diserahkan Pengelolaan ke Warga

Setly Kohdong

Setly Kohdong SH

Amurang Today-Dari sekitar 3000 hektar luas lahan Hak Guna Usaha (HGU) di Minsel, ternyata hanya setengah yang masih dikelolah secara produktif, sedangkan sisanya terlantar. Bahkan lahan terlantar itu, kini dikelola warga sekitar lokasi HGU.

Menyikapi hal ini Ketua Komisi I DPRD Minsel Setly Khodong meminta agar pemerintah segera melakukan evaluasi dan pendataan kembali kondisi lahan HGU yang tersebar di Minsel.

Lanjut Kohdong, dari data yang diperoleh saat ini, lahan HGU dikuasai oleh 12 perusahaan dan kebanyakan merupakan perkebunan kelapa dan mayoritas lahan terletak di Kecamatan Sinonsayang, seperti lahan HGU yang dikelolah PT Jastamin.

“Dari peninjauan di lapangan, kami mendapati tanah HGU sudah ditelantarkan dan sekarang dimanfaatkan oleh warga sekitar,” jelas Khodong kepada manadotoday Jumat (22/7/2011).

Ditambahkannya karena sekarang HGU sudah lebih banyak dikelola oleh warga diperlukan jaminan kepastian hukum. “Daripada tidak dikelola lagi, sebaiknya diserahkan saja ke warga, namun dibutuhkan jaminan hukum sehingga petani dapat lebih leluasa dalam mengelola lahan yang kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” tutupnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading