Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Ribuan PETI Beroperasi di Kalait dan Ratatotok

David Masengi   |   29 Februari 2012 – 17:01 WITA

Pemerintah dan Kepolisian Diminta Turun Tangan
Toulaan, (manadotoday.com) –Aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Desa Kalait dan Ratatotok kembali dikeluhkan warga. Pasalnya saat ini ada sekitar dua ribuan PETI yang sedang beroperasi di kedua Desa tersebut.
”Kami minta pemerintah dan aparat Kepolisian segera menertibkan para PETI, karena dikawatirkan aktifitas yang mereka lakukan akan mengancam kelangsungan hidup lingkungan sekitar,” ujar Sonny Najoan Tokoh masyarakat Mitra.
Bukan hanya itu kata Nayoan, stabilitas keamanan juga terancam akibat adanya PETI ini, dimana berasarkan pengalaman Dikawasan PETI sangat rentan dengan tindak kriminalitas.
”Jika ini terus dibiarkan akan banyak faktor yang akan kena imbasnya, karena itu pemerintah dan Kepolisian harus pro aktif mengambil tindakan tegas dalam rangka menertibkan para PETI,” terangnya.
Sementara itu Camat Ratatotok Yanny Rolos dan sejumlah tokoh masyarakat Toluaan mengungkapkan bahwa dua ribuan warga yang melakukan kegiatan PETI tersebar di Ratatotok, Alason, Hais, Lamonya, Pasolo, Limborgo, Batu Gelas dan Kalait.
”Para penambang datang dari berbagai daerah yang ada di Sulut,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) mitra Ir Jantje Loay saat dikonfirmasi manadotoday mengakui jika kegiatan PETI sudah lama dilakukan warga.
Namun untuk penertiban sendiri bukan hanya menjadi tanggung jawab Distamben,dan harus dilakukan secara terpadu dengan melibatkan pihak kepolisian.
“Ini menjadi tanggung jawab bersama untuk penertiban,” ujarnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading