Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Ribuan Warga Tabteng Rayakan Acara “Mengungsi Taung”

Redaksi Manado Today   |   15 Februari 2012 – 17:12 WITA
Perayaan Acara Adat Mengungsi Taung

Suasana perayaan acara adat 'Mengungsi Taung' di Kampung Kuluhe

Tahuna, (manadotoday.com) – Ribuan Warga Kecamatan Tabukan Tengah (Tabteng) yang berada di perantauan menggelar acara adat “Mengungsi Taung” (Kunci Tahun, atau Tulude) di Kampung Kuluhe Kecamatan Tabteng, Selasa (14/2/2012) pukul 13.00 hingga pukul 24.00 Wita.
Ketua Panitia perayaan acara adat Mengungsi Taung, Ersan Dolongseda kepada manadotoday mengatakan, perayaan acara yang identik dengan acara adat Tulude itu mengatakan, merupakan kegiatan adat yang budaya warga Kuluhe Mahentungang yang dilaksanakan secara turun temurun semenjak tahun 1889, dimana acara adat Mengungsi Taung itu merupakan hasil musyawara para tetua adat sejak tahun itu, dan hingga saat ini masih tetap dipertahankan oleh warga Kuluhe Mahentungang.
“Perayaan adat Mengungsi Taung yang dipusatkan di Kampung Kuluhe itu, selain dihadiri oleh warga dari empat kampung, yakni Kampung Bira, Bowongkali, Kuluhe I dan Kuluhe II, juga dihadiri oleh ribuan warga Tabukan Tengah perantauan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga peyaraannya berlangsung meriah,”’ujar Dolongseda.
Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sangihe, Jabes E Gaghana SE ME bersama Ibu, ketua Badan Adat Sangihe, Drs OK Makagansa MSc serta keluarga besar Daluas yang didalamnya terdapat penyiar TVRI terkenal Magdalena Daluas.
Wakil Bupati dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi serta penghargaan atas persatuan warga Kuluhe Mahentungang, yang meski sudah sukses di luar daerah namun masih menyempatkan diri untuk hadir pada acara adat Mengungsi Taung tersebut. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading