Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Ritual Cap Go Meh di Kota Bitung Sukses Digelar

Aldy Monareh   |   6 Februari 2012 – 20:36 WITA
Ritual cap Gomeh

Tang Sin pada Ritual Cap Go Meh

Bitung, (manadotoday.com) – Ritual Goan Siau 2012, atau dikenal dengan Cap Gomeh yang dilaksanakan oleh Umat Tri Darma Bitung, pasca 15 hari setelah Tahun Baru Imlek 2563, Senin (6/2/2012) berlangsung sukses.
Ritual yang dimulai sekitar pukul 17.15 dengan prosesi kendaraan hias yang melambangkan ajaran Tri Dharma, Barongsay, dan parade Budaya seperti tarian Kabesaran Minahasa yakni Cakalele, Ondel–ondel dari Betawi serta Reog Ponorogo, mengambil start di Klenteng Seng Bo Kiong, mengitari sebagian ruas jalan Sam Ratulangi dan kembali finish di Klenteng Seng Bo Kiong sekitar pukul 19.00 Wita.
Dalam prosesi Cap Go Meh, yang disaksikan Walikota Bitung Hanny Sondakh, Asisten II Pemprov Ir Roy Roring, Konjen Philipina Jose De La Rosa Burgos, wakil Walikota MJ Lomban, Pimpinan Forkompinda dan pejabat teras serta masyarakat Kota Bitung ini, diwarnai dengan turunnya lima Thang Shin.
Que Eng Choen selaku Rohaniawan Klenteng seng Bo Kiong. mengungkapkan terima kasih atas kerjasama dan peran serta Pemerintah Kota, Polres Bitung dan masyarakat atas terselenggaranya acara ini.
“Tanpa bantuan seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan pihak kepolisian pelaksanaan ritual Cap Go Meh ioni tidak akan berjalan sukses,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading