Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Pemerintahan, Politik

Rivai: DPT Bukan Objek Sengketa Pemilukada

Redaksi Manado Today   |   13 Agustus 2010 – 05:57 WITA

Rivai Abdul Poli

Manado Today – Anggota KPU Sulut Rivai Poli mengatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT), bukanlah objek sengketa dalam Pemilukada. Sebab itu, jika ada kandidat yang akan melayangkan protes atau mempersoalkan DPT, salah alamat dan tidak mendasar.” Sia –sia jika ada yang akan mempersoalkan atau menggugat hasil Pemilukada dengan mempermasalahkan DPT. DPT bukan merupakan objek sengketa Pemilukada,” kata Rivai.
Sesuai UU 32 Tahun 2004 Pasal 106, diuraikan Rivai, bahwa yang menjadi objek sengketa Pemilukada hanyalah hasil suara, dan itupun dapat berlaku bila selisih suara yang digugat dapat merubah hasil. Misalnya selisih suara sepuluh ribu sedangkan yang menjadi objek sengketa hanya lima ribu, maka gugatan menjadi sia-sia.

Melihat kondisi jumlah suara yang telah diplenokan, Rivai memperkirakan gugatan yang akan dilayangkan tidak akan merubah hasil yang telah ditentukan Namun demikian KPU tetap akan menghormati bila ada yang akan melakukan atau mengajukan gugatan hasil Pemilukada.
“Sesuai aturan ada waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan ke MK. Untuk kasus Sulut,berarti batas akhir pemasukan pada hari Minggu. Dan sesuai aturan tidak akan ditunda sampai batas akhir pemasukan,’’urai Rivai.
Lainnya halnya dengan Rivai, Hilda Tirayoh Ketua Panwasu Sulut berpendapat lain karena menurutnya DPT bisa menjadi pintu hukum untuk menggugat hasil pemilukada apalagi bila tidak direkomendasi oleh Panwaslukada. “DPT menjadi celah hukum,bila ada yang akan menggugat hasil pemilukada.” ungkap Hilda.(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading