Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Rokrok Tanggungjawab Polres Bitung

Redaksi Manado Today   |   20 Maret 2011 – 07:51 WITA

Bitung Today – Polda Sulawesi Utara (Sulut) amanatkan Kelurahan Tendeki Kecamatan Matuari Bitung dan Desa Tontalete Rokrok, Kecamatan Kema, Minahasa Utara, yang masih ada selisih paham terkait tapal batas, tanggung jawab keamanannya di bawah Polres Bitung.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Bitung, AKBP Zoeseno Nurhandoko, di Bitung Sabtu, menyusul dikeluarkannya keputusan Kapolda Sulut yang menyebutkan kedua wilayah ini masuk dalam wilayah pengawasan Polres Bitung.

“Berdasarkan keputusan Kapolda Sulut, Brigjen Pol Drs Carlo Brix Tewu, Kelurahan Tendeki Kecamatan Matuari Bitung dan Desa Tontalete Rokrok, Kecamatan Kema, Minahasa Utara, menjadi wilayah hukum Polres Bitung, demi mempermudah pengawasan keamanan disana,” kata Nurhandoko.

Zoeseno Nurhandoko, mengatakan, Polda Sulut mengambil sikap bijaksana untuk mendinginkan suasana dengan menetapkan Polres Bitung sebagai pengambilalih soal keamanannya.

Hal itupun langsung ditindaklanjuti pihak Polres Bitung, yang akan membangun pos pengamanan sebagai upaya untuk menjaga kondusifitas masyarakat Kota Bitung dan Kabupaten Minut.

“Pos pengamanan ini, nantinya akan menjadi pos polisi dan akan ditempatkan delapan personil dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat disana,” kata Nurhandoko.

Sebelumnya, pada Rabu (16/3) terjadi polemik soal tapal batas antara Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung, setelah pembangunan Puskesmas pembantu yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang disinyalir berada di wilayah Bitung, nyaris dirusak warga.

Lurah Tendeki, Lieke Tumbol mengatakan, bahwa memang masyarakat Tendeki masih belum menyetujui adanya kelanjutan pembangunan Puskesmas pembantu, dengan alasan sudah ada kesepakatan sebelumnya dengan pemerintah Desa Tontalete Rokrok. “Namun, ketika pekerjaan ini diteruskan, membuat masyarakat setempat gerah dan hampir saja merusak bangunan tersebut,” katanya. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading