Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Tomohon

Rompas : Terbukti Cemarkan Lingkungan, Pertamina Harus Ganti Rugi

Ardi Kalumata   |   3 Oktober 2011 – 13:01 WITA
Nova Rompas

Kepala BLH Tomohon : Ir Nova Rompas

Tomohon Today – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tomohon Ir Nova Rompas MSi menegaskan, jika limbah Pertamina terbukti mencemarkan lingkungan, harus ada ganti rugi ke masyarakat.

Hal ini dikatakannya menyusul banyak laporan dari masyarakat soal dugaan pencemaran lingkungan yang telah terjadi di sekitar sumur-sumur Pertamina.

Untuk membuktikan apakah limbah pertamina tersebut mengakibatkan pencemaran atau tidak kata Rompas, saat ini sementara dilakukan penelitian.

”Sampel tanah yang diduga tercemar telah dibawa ke Bogor untuk diteliti,” tandasnya seraya menambahkan penelitian dilakukan pihaknya bersama Pertamina dengan menggunakan Tim Amdal Unsrat.

Penelitian juga akan dilakukan terhadap air yang berada di sekitar sumur Pertamina.

”Jika hasilnya telah ada, akan dipaparkan ke masyarakat. Kalau memang terjadi pencemaran, Pertamina harus bertanggung jawab dengan memberikan ganti rugi,” tukas Rompas.

Saat ini tambahnya, Pertamina memang telah membangun pembuangan limbah tersendiri. Yang diteliti adalah efek sebelum pembuangan limbah tersebut dibangun. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading