Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Rorimpandey : Parkir, Pontesi PAD yang Masih Dipandang Sebelah Mata

Aldi Mawitjere   |   3 Mei 2012 – 09:16 WITA

MANADO, (manadotoday.com) —  Ada istilah di Kota Manado tiada tempat tampa parkir kendaraan. Pasalnya, hampir setiap sudut kota terdapat tukang parkir. Untuk itu, pontesi Pendapatan Asli Daerah (PAD) perparkiran di Manado itu sangatlah menjanjikan namun masih dipandang sebelah mata. Demikian  diungkapkan pemerhati Kota Manado Widdy Rorimpandey SPt MPd.“Hampir setiap sudut kota, baik itu rumah, makan, toko, mini market dan lainnya di terdapat tukang parkir. Nah, yang menjadi pertanyaan disini kenapa pengelolaan parkir di Kota Manado tidak disatukan saja. Mengingat pajak parkir oleh Dispenda, sedangkan retribusi parkir di Dinas Perhubungan,” ujar akademisi tersebut.

Lantas apa yang menjadi masukannya akan hal ini? Menurutnya, alangkah baiknya pemerintah kota membentuk Badan/Dinas sendiri atau Kantor untuk mengelola perparkiran di Manado.

“Kalau ada inisiatif dari legislator untuk meningkatkan PAD lewat parkir tentunya merancang peraturan daerah. Atau bisa saja sebelum adanya Perda, ada Perwako`untuk penanganan parkir. Karena tidak bisa dipungkiri parkir di Manado sangatlah menjanjikanm, namun harus dikelola secara profesional,”tandasnya.

Ditempat terpisah, Kabid Perparkiran, Dinas Perhubungan Manado, Madjid yang dikonfirmasi akan hal ini tidak bisa menapiknya.

“Ya, harus diakui potensi PAD dari parkir di Manado sangat menjanjikan,”ujarnya.

Hanya saja, kata Madjid, untuk saat ini parkir yang ditangani tidak secara menyeluruh karena pajak parkir itu masuk Dispenda.

“Realisasai PAD kita dari parkir terus mengalami kanaikan. Bahkan tahun lalu kita melampawi target, meski perpakiran tidak semua karena pajak parkir masuk ke Dispenda,”pungkasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading