Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Rp 7,4 M Dipangkas Dari Pos Anggaran APBDP “Kota Bunga”

Redaksi Manado Today   |   28 November 2010 – 20:32 WITA
Tomohon Today – Pemerintah Kota Tomohon melakukan pemangkasan anggaran dan program dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBDP) tahun 2010. Hal itu dilakukan dalam rangka penghematan anggaran sebesar Rp 7,4 Milyar.

Salah satu pemandangan dalam Kota Tomohon (Foto : Ponoramio)

Saat membawakan sambutan pada paripurna pengajuan RAPBDP di DPRD, Penjabat Walikota Tomohon Drs Gerson Mamuaja mengatakan, pengurangan belanja terjadi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam hal volume anggaran maupun jumlah kegiatan tanpa mengesampingkan rencana kerja SKPD sebagai mana termuat dalam RKPD.
”Ini semata-mata salah satu upaya pemerintah dalam masa transisi, untuk melakukan penataan dan pembenahan secara efektif dan efisien terhadap pengelolaan keuangan daerah,” jelas Mamuaja.
Penegasan yang sama disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekkot Tomohon Ir Laurens Bulo MSc MM.
Menurut Bulo, pemotongan anggaran ke semua SKPD dikarenakan tidak ada waktu lagi untuk melaksanakan program-program yang sebelumnya direncanakan.
Ini dikarenakan pembahasan RAPBDP 2010 molor tiga bulan dari jadwal pembangunan nasional.”Sehingga akibat molornya pembahasan RAPBDP sangat mempengaruhi pelaksanaan program-program yang sudah disusun di tiap SKPD. Sehingga tidak rasional lagi untuk dilaksanakan,”tegas mantan Kepala Bapedda Kota Tomohon ini.
Namun, lanjutnya lagi, langkah yang diambil Pemkot tersebut tidak mempengaruhi kegiatan-kegiatan yang sudah disusun.”Yang dipangkas yang dinilai tidak prioritas untuk dilakukan. Dan ini tidak berdampak pada program pelayanan kepada masyarakat,”jamin Bulo.
Di mana, untuk RAPBDP sendiri yang dianggarkan pada pos pendapatan sebelum mengalami perubahan, yakni Rp 317.170.124.232, setelah perubahan menjadi Rp 351.746.883.432, atau mengalami ketambahan sebesar Rp 34.594.759.200 atau prosentase penambahan sebesar 10,91 persen. Sedangkan untuk belanja sesuai dengan anggaran yang ditetapkan sebelum perubahan Rp325.468.510.582. Namun setelah perubahan mengalami peningkatan menjadi Rp 352.450.381.665. Atau mengalami penambahan pada perubahan sebesar Rp dengan persentasenya bertambah sebesar 8,28 persen.(ark)

Dikirim melalui Facebook Seluler
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading