Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Rp50 Miliar, Modal Awal PPKD Provinsi

Staff Manado Today   |   30 April 2011 – 19:44 WITA

Manado – Pemimpin Bank Indonesia Manado, Ramlan Ginting mengatakan syarat permodalan Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah yang akan didirikan di tingkat provinsi minimal Rp50 miliar.“PPKD tingkat provinsi, minimal harus punya modal Rp50 miliar, baru dapat diusulkan menjadi penjamin kredit resmi,” kata Ramlan Ginting di Manado, Sabtu.

Ramlan mengatakan, persyaratan modal sebesar Rp50 miliar, dimaksudkan agar PPKD dapat melaksanakan fungsinya sebagai penjamin kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan pinjaman di bank.

“Syarat modal tersebut merupakan persyaratan berdasarkan aturan yang berlaku, dan BI hanya turut menginformasikan kepada pemerintah daerah yang nantinya diharapkan membentuk PPKD,” kata Ramlan.

Kehadiran PPKD, kata Ramlan sangat penting dalam upaya membantu akses kredit UMKM ke perbankan yang hingga saat ini masih relatif rendah.

“PPKD tidak dibentuk oleh BI, tetapi harus merupakan inisiatif pemerintah daerah, BI dalam hal ini hanya sebagai fasilitator, membantu proses pembentukan wadah penjamin kredit ini,” kata Ramlan.

Proses pendirian PPKD, kata Ramlan diawali kajian pendirian, kemudian disusul pembuatan peraturan daerah tentang hal ini, selanjutnya menentukan kriteria siapa saja yang bisa menjadi direksi dan komisaris.

Direksi dan komisaris akan melewati uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper tes, setelah mereka diajukan tugas selanjutnya yakni membuat akte notaris pendirian, persiapan gedung kantor, dan terakhir yakni mengajukan pengesahan akta pendirian PPKD ke Kementerian Hukum dan HAM.

Kehadiran PPKD saat ini sangat penting, kata Ramlan, karena berdasarkan hasil survei BI secara nasional, baru sekitar 25,9 persen UMKM yang telah berhubungan dengan bank.

“Ini sangat memprihatinkan, untuk itu diharapkan PPKD segera terbentuk, sebab dengan demikian bank tidak akan ragu lagi memberikan kredit sebab sudah ada penjaminan dana dari PPKD,” kata Ramlan. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading