Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

RTRW Bakal Hambat Minapolitan

Staff Manado Today   |   6 Juli 2011 – 15:04 WITA

Luntungan – Humiang Beda pendapat

Bitung Today – Belum ditetapkannya Rencana Tata Ruang (RTRW) kota Bitung tahun 2011-2030, akibat masih masih terkendala beberapa persoalan seperti tapal batas, ditenggarai merupakan hambatan utama Bitung sebagai kawasan Minapolitan, dimana penetapan RTRW merupakan salah satu syarat.

”Belum rampungnya RTRW dikarenakan belum ada kejelasan penetapan tapal batas oleh pemerintah provinsi yang berwenang menyelesaikan hal tersebut seperti Tendeki Rok-Rok,” terang Ketua DPRD Kota Bitung Santi G Luntungan.

Selanjutnya Luntungan menyebutkan persoalan antara Tendeki dan Rok-rok, meskipun persoalannya kehadiran Desa dalam Kelurahan yang menyalahi aturan, namun pada dasarnya persoalan tersebut akan tersangkut masalah tapal batas karena menyangkut perseteruan dua wilayah yang sama-sama mengklaim memiliki hak dalam wilayah tersebut.

”Ini kemungkinan bakal menjadi batu sandungan Kota Bitung sebagai wilayah Minapolitan. Dan jika ini belum tuntas pemprov harus bertanggung jawab, karena berwenang memutuskan persoalan tapal batas,” tandas Luntungan sembari berharap pihak provinsi segera mengambil keputusan terkait masalah ini.

Dipihak lain, Sekertaris Kota Drs Edison Humiang ternyata menyebutkan penyelesaian RTRW tidak akan menghambat Bitung sebagai kawasan Minapolitan, karena menurutnya kawasan Minapolitan tidak bersentuhan dengan tapal batas Minut-Bitung.

”Kan kawasan Minapolitan hanya ada di tiga kecamatan, yakni Aertembaga, Lembeh Selatan dan Lembeh Utara, jadi tidak langsung bersentuhan dengan tapal batas dan tidak akan berpengaruh pada kawasan Minapolitan,” jelas Humiang selaku Ketua Pokja Minapolitan Bitung. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading