Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Runtu : Hukum Tua Terpilih Harus Siap Dikritik

Staff Manado Today   |   2 Juni 2011 – 19:56 WITA

Minahasa Today – Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Minahasa, Careig Naichel Runtu mengatakan, hukum tua (kepala desa) yang terpilih melalui proses pemilihan langsung di beberapa desa, harus siap dikritik.

“Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya beberapa hukum tua yang terpilih pada Senin (30/5) lalu, dan diharapkan tidak alergi kritik,” kata Runtu, Kamis.

Careig yang juga putra Bupati Minahasa itu menegaskan, suara warga yang tercermin dalam proses pemilihan yang berjalan demokratis, hendaknya tidak dikhianati oleh para hukum tua terpilih.

Amanat yang telah diberikan adalah sebuah tanggungjawab mulia, dan warga menginginkan kepada hukum tua (Kumtua) untuk bisa meningkatkan pembangunan di desa masing-masing.

“Pemilihan hukum tua sudah berjalan demokratis, sedikit kata dari saya, jangan pernah mengkhianati suara warga, bekerjalah untuk mereka dan kepentingan bersama,” kata Careig.

Jabatan hukum tua, ujat Careig, adalah jabatan amanat mulia yang diberikan oleh warga kepada Kumtua terpilih, karena itu hendaknya, bagi mereka sudah mengerti dan paham apa yang harus dilaksanakan begitu terpilih.

Penguatan ikatan emosional warga untuk memajukan bersama pembangunan desa, sudah harus menjadi bagian awal yang dilakukan hukum tua. Sebab hal tersebut menjadi modal sosial bagi Kumtua terpilih.

Tidak hanya itu, hukum tua terpilih juga harus mulai mempersiapkan diri untuk menerima saran dan kritik dari warga.

Karena sebagai pemimpin, menurut Careig yang juga Ketua DPD II Partai Golkar, dituntut untuk bisa menjalankan aspirasi warga. Jika ada kekurangan dan kesalahan, maka tidak boleh hukum tua untuk menolak saran dan kritik yang diberikan warga.

“Menyusun program sudah jelas, namun yang terpenting adalah penguatan mental dan psikologis sebagai pemimpin untuk menerima saran kritik. Musyawarah adalah salah satu cara untuk mendapatkan penyelesaian terbaik,” tambah Careig.

Selain itu, kepada beberapa desa yang masih dan akan melaksanakan pemilihan diharapkan Careig, dapat menjalankan pemilihan dengan terbuka, adil dan demokratis.

Aturan prosedur yang telah ditetapkan menurutnya, harus dijadikan dasar pemilihan dan aturan main yang harus ditaati semua pihak.

“Mari kepada semua pihak, khususnya warga untuk mengawasi dan mendukung pemilihan Hukum Tua. Karena ini adalah agenda warga dan untuk kepentingan warga di masa mendatang,” pungkasnya. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading