Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

RUPSLB Bank Sulut Setujui Go Publik Dengan IPO

Staff Manado Today   |   30 Juli 2011 – 13:28 WITA

Manado Today – Pemegang saham PT Bank Sulut menyetujui rencana bank daerah ini untuk melakukan penawaran saham perdana di di Bursa Efek Indonesia, atau melaksanakan Initial public offering (IPO).

“Dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), para pemegang saham memberikan mandat kepada direksi untuk melakukan IPO dan mencari tambahan modal melalui investor strategis guna memperkuat permodalan bank,” kata Komisaris Utama PT Bank Sulut Robby Mamuaja di Manado.

Direktur Utama PT Bank Sulut Jeffry Wurangian melalui Direktur Umum Ricky Lintang mengatakan, direksi diberi kesempatan memilih alternatif paling tepat. Untuk itu direksi akan memfokuskan IPO agar dapat dilakukan secepatnya.

“Pemegang saham ingin IPO menjadi salah satu alternatif pendanaan. Karena itu direksi menargetkan paling lambat pada 2012 Bank Sulut sudah menjadi salah satu emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI),” kata Ricky.

Ricky mengatakan, persetujuan untuk melakukan IPO sudah ditunggu-tunggu setelah selama kurang lebih satu tahun menggantung akibat belum ada kesepakatan di antara pemegang saham.

Mengenai kehadiran investor strategis Para Group milik pengusaha terkenal Indonesia Chairul Tanjung, Ricky mengatakan, disepakati untuk dipertimbangkan direksi.

“Paparan perwakilan Para Group yang menawarkan setoran modal hingga 30 persen akan dikaji lebih jauh di jajaran direksi,” kata Ricky.

Kendati IPO dan tambahan modal disetor melalui investor diterima, kata Ricky, tetapi pihaknya akan melakukan kajian lebih dalam terhadap kedua alternatif pendanaan tersebut.

Dalam RUPSLB tersebut, pemegang saham juga sepakat untuk merevaluasi harga saham modal Bank Sulut dari Rp100 ribu per lembar saham menjadi Rp159 ribu per lembar saham.

Dinaikkanya harga saham modal disetor Bank Sulut tersebut, kata Ricky, merupakan penyesuaian karena patokan harga saham modal yang berlaku saat ini sudah sekitar sepuluh tahun diberlakukan.

RUPSLB diikuti perwakilan 18 pemegang saham Bank Sulut, yang terdiri atas pemerintah provinsi, 16 pemerintah kabupaten/kota di Sulut dan Gorontalo serta koperasi karyawan Bank Sulut. Rapat dibuka Sekretaris Provinsi Rahmat Mokodongan.

Para pemegang saham yang hadir di antaranya Bupati Minahasa Vreeke Runtu, Bupati Minahasa Selatan, Tetty Paruntu, Bupati Minahasa Utara, Sompie Singal, Bupati Kepulauan Sangihe, Winsulangi Salindeho.

Initial public offering (IPO) secara harafiah disebutkan keadaan ketika sebuah perusahaan, menerbitkan saham biasa untuk di tawarkan ke publik pertama kali, untuk memperkuat modal usaha, dengan bantuan pasar modal. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading