Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Sabodam Tidak Terawat, Banjir Pasir Ancam Kota Bitung

Aldy Monareh   |   25 Mei 2012 – 00:03 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Sejumlah sabodam atau tanggul yang berfungsi menahan, menampung dan mengendalikan sendimen pasir saat ini sudah tidak terawat lagi. Kondisi ini pelak saja mengancam warga Kota Bitung, dari bahaya banjir pasir terlebih jika intensitas curah hujan tinggi.Seperti halnya salah satu sabodam di Kelurahan Madidir Unet Lingkungan 6 RT 28. Dimana menurut pengakuan warga setempat sobodam yang berfungsi sebagai penahan pasir itu, bagian atasnya sudah dipenuhi dengan lumpur dan pasir. Begitu pula tempat jatuhnya air setelah tersaring sudah dipenuhi pasir.

Bukan hanya itu, akses jalan jalur kendaraan tempat mengangkat pasir sudah tertutup rerumputan dan kondisinya rusak parah. Itu artinya sabodam ini sudah dibiarkan lama tidak terawat.

Kepala Lingkungan 6 Kelurahan Madidir Unet Nikals Kaankung mengakui sejak dibangun pada 2007 lalu, tidak pernah dilakukan perawatan.

”Selama dibangun hanya sekali ada yang melakukan kontrol,” ujarnya.

Tidak terawatnya sabodam ini tentu bisa berakibat fatal. Karena jika jebol, ini akan mengancam pemukiman warga dari banjir pasir.

”Agar tidak berdampak buruk, kami minta instansi terkait memperhatikan hal ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Ir Max Tambuwun, ketika dikonfirmasi perihal perawatan Sabodam, Kamis (23/5) tidak berada di tempat.

”Bapak sedang sibuk, makanya tidak berada ditempat,” ujar salah satu staff. Begutupun ketika dihubungi lewat ponsel tidak bisa terhubung karena tidak aktif.(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading