Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Salendu Optimis Manado Raih Adipura

Staff Manado Today   |   1 April 2011 – 09:33 WITA

Manado Today – Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Manado, Drs Didi Salendu MSi, masih tetap optimis Manado akan meraih penghargaan Adipura untuk yang ke lima kalinya tahun ini. Ini karena peningkatan terhadap sektor kebersihan menurutnya terus dilakukan, mulai dari tingkat lingkungan, kelurahan dan kecamatan.“Saya masih tetap optimis kita bisa meraih Adipura tahun ini, meskipun jumlah kendaraan pengangkut sampah minim,” ujar Salendu.

Dikatakannya, saat ini tim penilai

Adipura tengah melakukan proses penilaian (P2) dibeberapa titik yang menjadi target penilaian. Beberapa target yang dimaksud antara lain, selokan, pekarangan rumah, jalan, pesisir pantai dan sebagainya.

“Mereka menilai selokan atau drainase yang ada di Teling setelah sebelumnya memantau kebersihan di Wilayah Karombasan dan Winangun. Ada dua orang tim penilai dari pusat yang turun,” katanya.

Salendu mengatakan tidak ada permainan dalam proses penilaian Adipura sebagaimana yang dituding sejumlah kalangan. Bahkan tim penilai menurut dia sangat menutup diri dan tidak melakukan komunikasi atau berinteraksi lebih dengan pendamping saat memantau.

“Namun perlu diingat bila peningkatan kualitas terhadap sektor kebersihan yang dilakukan belakangan ini bukan semata-mata hanya untuk memuluskan agar bisa meraih Adipura saja, melainkan merupakan program mendasar dari pemerintah daerah dengan misi menjadikan Manado sebagai kota yang menyenangkan,” tukas Salendu.

Terpisah, Kepala BLH Kota Manado IR Yosua Pangkerego MAP mengatakan, penilaian yang dilakukan kali ini, benar- benar ketat. Pada penilaian tahap satu dilakukan tim penilai Wilayah Sulawesi dan Papua. Manado sendiri mendapatkan nilai yang cukup bagus, yaitu pada angka 73.

“Turun menilai dari Jawa dan Bali. Karena Kementerian Lingkungan Hidup akan memastikan hasil dari penilaian yang dilakukan pertama dan membandingkan dengan hasil dari tim yang berbeda. Dari situ akan terlihat sisi penilaian dari masing-masing tim,” ungkap Pangkerego. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading