Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Sampah di Kota Tahuna Sulit Dikendalikan

Redaksi Manado Today   |   21 November 2011 – 13:07 WITA
Ben Pilat

Ben Pilat MT

Tahuna, MTC – Keberadaan sampah di Kota Tahuna tampaknya sulit dikendalikan oleh pihak Dinas Tata Kota. Padahal, semenjak Bupati Sangihe, Drs HR Makagansa MSi mencetuskan bahwa tahun 2012 Kabupaten Sangihe akan merebut Piala Adipura, pada Rapat Kerja (Raker) Perdana yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati awal  November lalu, Assisten II, Drs John Harikedua yang ditunjuk selaku koordinator panitia perebutan piala Adipura, telah berkali-kali menggelar rapat dengan instansi terkait, namun hingga saat ini actionnya belum nampak.
Buktinya, sampah masih saja bertebaran di sejumlah sudut pusat Kota Tahuna, termasuk terminal dan pasar Tona yang tampak kumuh, dan sampah yang berada di Rawa Towo’e serta di sejumlah sungai yang ada di Kota Tahuna.
Sementara itu, Kepala Bidang Penataan Pemukiman, Dinas Tatakota Sangihe, Ben Pilat MT, kepada manadotoday Senin (21/11/2011) mengatakan, pihaknya saat ini sedang melaksanakan berbagai pembenahan diberbagai lini untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kota Tahuna, terlebih keberadaan sampah di beberapa TPS yang kerap terlambat diangkut kendaraan sampah ke TPA.
“Saat ini, kami sementara melakukan pembenahan di berbagai lini untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kota Tahuna, termasuk sampah di TPS yang sering terlambat diangkut. Kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk mencari format tepat dalam pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke sungai serta selokan air,” tukas Pilat.
Dia berharap, permasalahan sampah di Kota Tahuna bisa teratasi oleh peran dan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading