Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sarundajang : Budaya Gotong Royong Harus Terus Dipelihara

Tonny Sumakul   |   4 Mei 2012 – 21:29 WITA

Dari Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-40

peringatan HUT PKK di Kabupaten Minut

Gubernur Sulut saat menghadiri peringatan HUT PKK ke 40, yang dipusatkan di Kabupaten Minut

MANADO, (manadotoday.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menegaskan, agar budaya gotong royong yang telah dipelihara masyarakat di daerah Bumi Nyiur Melambai ini, untuk terus dipelihara hingga di masa yang akan datang.
“Budaya gotong royong harus terus kita pelihara. Itu menjadi ciri khas masyarakat Sulut dalam bentuk mapalus, mapaluse, moposad, serta lainnya, yang tak lain dinilai sebagai bentuk kearifan local, yang harus ditumbuhkembangkan,” ungkap Sarundajang dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-40, dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong-royong Masyarakat ke-9 tahun 2012, yang dilaksanakan di Pantai Wisata Firdaus Kema, Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (4/5).
Menurut Sarundajang lagi, PKK Sulut juga selama ini banyak memberikan perannya, dalam membantu program Pemprov Sulut dalam pembangunan dan peningkatan kualitas kehidupan keluarga di daerah ini.
“Program PKK merupakan program pemerintah. Itu selalu berjalan sinergis, demi tercapainya visi dan misi Pemprov Sulut,” tukas Sarundajang.
Lanjutnya menyampaikan, program PKK juga banyak menyentuh pemberdayaan keluarga, untuk meningkatkan taraf hidup.  Dimensi program PKK, banyak menyentuh bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi keluarga, dan pembentukan karakter generasi muda.
“Mudah-mudahan, pencanangan bulan bakti gotong royong keluarga ini, Tim Penggerak PKK, Pemprov dan Pemerintah di Kabupaten/Kota se Sulut, dapat melaksanakan kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat,” ungkap SHS sapaan akrab orang nomor satu Sulut itu.
Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut, Ny. Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, mengatakan, seluruh kegiatan dalam rangka HUT PKK dan bulan bakti gotong royong masyarakat tahun 2012 ini, bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.
“Ini juga adalah upaya meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah, dalam pembangunan serta meningkatkan rasa memiliki dan tanggungjawab pada hasil-hasil pembangunan, juga menumbuhkembangkan rasa gotong-royong,” kata isteri tercinta Gubernur Sulut itu.
Pada kegiatan yang bertemakan, dengan bulan bakti gotong royong masyarakat dan hari kesatuan gerak PKK, kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan, serta partisipasi masyarakat menuju kemandirian bangsa, dilakukan sejumlah kegiatan lomba, dan pemberian bantuan beasiswa pada siswa SD, SMP, SMA/SMK, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada Usaha Kecil dan Usaha Rumah Tangga yang dikelola oleh wanita, pemberian bibit tanaman dan ikan, juga pemberian bibit rumput laut pada kelompok tani nelayan, serta sejumlah bantuan lainnya.
Hadir dalam kegiatan itu, Wagub Dr. Djouhari Kansil, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Ny. Mieke Kansil Tatengkeng, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulut Ny. Hj. Esther Mokodongan-Turang, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, sejumlah Bupati/Walikota, dan Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se Sulut. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading