Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sarundajang: Efisiensi dan Efektivitas Pemerintahan di Sulut Wajib Ditingkatkan

Tonny Sumakul   |   25 April 2012 – 19:24 WITA

Dari Peringatan HUT Otonomi Daerah ke XVI

Sarundajang

Upacara Peringatan Hari Otda di Pemprov

MANADO, (manadotoday.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menegaskan, agar efisiensi dan efektivitas setiap unsure pemerintahan di daerah ini, wajib ditingkatkan. Hal itu disampaikannya, saat memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XVI yang berlangsung di halaman kantor Gubernur Sulut, Rabu (25/4).Menurut Sarundajang, efisiensi dan efektivitas di pemerintahan lagi, diharapkan adanya partisipasi masyarakat, guna menunjang pembangunan.
“Kekuasaan pemerintahan di tangan Presiden. Sesuai undang-undang, itu selanjutnya diteruskan pada daerah, yang berkonsep otonomi daerah,” ujar SHS sapaan akrabnya.
Kata dia, dalam mewujudkan pemerintahan otonomi daerah yang baik, tiga hal yang menjadi harapan harus diimplementasikan bersama kebijakan desentralisasi otonomi daerah, diantaranya, munculnya kemandirian dalam mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya, tumbuhnya nilai sosial dan partisipasi masyaraka, dan tata hubungan pusat serta daerah yang harus lebih profesional.
“Implementasi kebijakan desentralisasi otonomi daerah itu, menjadi kebutuhan politik untuk memajukan kehidupan demokrasi. Memang masih terjadi perkembangan politik yang bervariasi, namun otonomi daerah menjadi stimulus untuk tumbuhnya dinamika politik dengan diharapkan mampu mendorong lahirnya prakarsa, keadilan, dan tata pemerintahan yang efektif dan efisien,” terang Sarundajang.
Ia menambahkan, perjalanan tujuan otonomi daerah ini lagi, harus diteruskan secara tekun, penuh semangat, berkesinambungan, menjawab setiap tantangan melalui penerapan program pembangunan yang tepat, cerdas serta efektif.
“Saya harapkan, otonomi daerah ini bisa memperkuat sistem demokrasi, sistem pemerintahan yang baik di daerah, dengan mengemban amanah membangun,” tandasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading