Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Sarundajang : Indonesia Menjurus pada Politik Pragmatis

Tonny Sumakul   |   1 Agustus 2012 – 15:14 WITA
SH Sarundajang

Gubernur Sulut, Dr. SH Sarundajang

MANADO, (manadotoday.com) – Dr. Sinyo Harry Sarundajang, menilai, praktek politik di Indonesia dewasa ini, lebih menjurus ke politik pragmatis.

Menurutnya, politik tersebut ujung-ujungnya lebih menghasilkan seorang Kepala Daerah instan, dalam arti belum layak memimpin suatu daerah namun sudah terpilih.

“Indonesia kini lebih menjurus ke politik pragmatis. Artinya disini, banyak Kepala daerah mau disposisi surat saja tak tahu caranya. Jika seperti ini bagaimana roda pemerintahan daerah akan berjalan baik,” tukas Sarundajang, yang kesehariannya sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dijelaskan Sarundajang, di era otonomi daerah (Otda) saat ini, mempunya tiga tantangan utama yang perlu diseriusi. seorang Pemimpin daerah. Tiga hal itu, yakni soal regulasi, masalah kewenangan, dan menyangkut pertanggungjawaban.

“Jika tiga hal utama itu dapat terlaksana sesuai koridornya, secara otomatis akan dapat mewujudkan apa yang dicita-citakan untuk pelaksanaan otonomi daerah, sebagaimana tertuang dalam aturan,” ungkapnya.

Kata Sarundajang lagi, peran seorang pemimpin daerah di era transisi kini, harus diperlukan sikap, kebijakan, dan tindakan untuk mengelola berbagai perubahan dan kemajemukan masyarakat.

“Seorang pemimpin harus benar-benar bisa menentukan arah pemerintahan, dan mampu mengatasi kemajemukan tanpa meninggalkan kearifan lokal dalam artian, perbedaan dalam masyarakat harus mampu dirawat, dan pemimpin tersebut harus mampu menempatkan diri di tengah,” pungkasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading