Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Sarundajang Kritisi Tak Harmonisnya Hubungan Sejumlah Bupati dan Wakilnya di Sulut

Tonny Sumakul   |   19 Juli 2012 – 23:04 WITA
Gubernur Sulut

Dr. Sinyo Harry Sarundajang

MANADO, (manadotoday.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), memberikan kritik keras pada sejumlah pasangan Bupati dan Wakil Bupati di beberapa Kabupaten di Sulut, yang kabarnya sudah tak lagi harmonis.

Seperti pada pelaksanaan kegiatan pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berlangsung di ruang Mapalus kantor gubernur, Kamis, (19/7).

Pada kesempatan itu, Sarundajang mengkritik soal kabar “memburuknya” hubungan antara Bupati Bolmong Drs. Salihi Mokodongan dan Wakilnya Yanny Tuuk.

“Dari kabar yang saya dengar, hubungan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong, tak lagi harmonis. Itu seharusnya tak boleh terjadi. Kalaupun memang ada perselisihan, jangan sampai diketahui masyarakat, sebab itu sangat memalukan,” ketus Sarundajang.

Dia pun meminta kepada Sekda Bolmong yang baru dilantik, yakni Drs. Farid Asimin, MAP, untuk dapat menjembatani hubungan antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerahnya, yang diberitakan sudah retak.

“Saya memang belum tahu persis persoalannya. Namun saya terus dengar kedua pemimpin yag dipilih rakyat Bolmong itu sudah retak. Saya akan turun langsung dalam waktu dekat ini ke Bolmong, untuk mendalami permasalahan yang sebenarnya. Saya akan tanya ke masyarakat,” tadasnya.

Sementara itu, Sarundajang meminta dalam pertemuan itu kepada Mokodongan dan Tuuk yang kebetulan hadir pada pelantikan Sekda Bolmong tersebut, untuk mencari jalan keluar terkait masalah keduanya, dan harus lebih memilih kemajuan Bolmong kedepan.

“Bolmong memiliki kapasitas dan integritas menghindari konflik antar masyarakat, yang disebabkan perbedaan pendapat Bupati dan Wakil Bupati. Saya harap pak Bupati dan pak Wabup Bolmong, untuk mencari jalan keluar terkait perselisihan mereka. Ingat, kalian dipilih rakyat,” tegasnya lagi.

Sarundajang melanjutkan, kritikannya tersebut juga berlaku Kepala Daerah lainnya di daerah ini yang kabarnya retak. Kata sarundajang, memang wajar jika ada perselisihan antara Bupati dan Wakil Bupati maupun Walikota dan Wakil Walikota. Namun, perbedaan pendapat itu jagan sampai terpublikasi secara umum, dan diketahui masyarakat yang memilih mereka.

“Ini akan berdampak jelek. Kedepan saya akan minta kepada Mendagri (Menteri Dalam Negeri), untuk memberikan teguran keras kepada Bupati dan Wabup atau Walikota dan Wawali yang hubungannya retak. Atau bisa saja saya akan meminta untuk diberhentikan, sebab ini sangat menggangu pembangunan dan kemasyarakatan di daerah masing-masing,” ucap Sarundajang, seraya meminta apapun perselisihan Kepala Daerah dan Wakilnya, agar segera diselesaikan, demi kepentingan rakyat yang telah memilih pasangan pemimpin daerahnya tersebut.

Wabup Bolmong sendiri saat dikonfirmasi terkait kabar keretakan hubungannya dengan Bupati, membantahnya.

“Itu dinamika saja. Saya tak ada masalah dengan Bupati,” ucap Tuuk, saat dicegat sejumlah wartawan usai pelaksanaan pelantikan Sekda.

Menurutnya, kesalahpahaman itu dikarenakan kesalahan informasi ke masyarakat, sampai terjadi aksi demo beberapa waktu yang lalu. Namun perlu dipahami, itulah dinamiki politik akibat kesalahan informasi yang melahirkan keingin tahuan dari masyarakat.

“Jadi yang berselisih bukan Bupati dan Wakil Bupati. Namun rakyat, Bupati dan Wakil Bupati. Salah satunya janji politik waktu Pilkada, diantaranya resafel kabinet, dan lain sebaginya,” kata Tuuk. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading