Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sarundajang: Penyelenggaraan Pemerintahan Harus Bersih dan Transparan

Tonny Sumakul   |   14 Maret 2012 – 02:21 WITA

Dari Penandatanganan Pakta Integritas Bupati/Walikota dan Kepala SKPD Pemprov Sulut

Manado (manadotoday.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menegaskan agar penyelenggaraan pemerintahan itu harus bersih dan transparan, serta berdasarkan amanat peraturan dan perundang-undagan yang berlaku.

Sarundajang: Penyelenggaraan Pemerintahan Harus Bersih dan Transparan

Sekprov Sulut Ir. S.R. Mokodongan tandatangani Pakta Integritan dihadapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut

“Pemerintahan baik di Pemprov, Pemkab dan Pemkot di Provinsi Sulut, harus dilaksanakan dengan bersih dan transparan,” ujar Sarundajang, didampingi Wagub Dr. Djouhari Kansil MPd dan Sekprov Ir. Siswa Rachmat Mokodongan, dalam kegiatan penandatanganan Pakta Integritas, dari seluruh Bupati/Walikota se-Sulut, dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemprov Sulut, yang berlangsung di ruang Huyula kantor gubernur, Salasa (13/3).

Kegiatan yang diawali dengan laporan Sekprov Mokodongan itu, mengatakan bahwa dalam Pakta Integritas itu berisikan tujuh poin, diantaranya, berperan dan pro aktif dalam pencegahan dan pemberantasan KKN, juga tak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Kemudian tak meminta atau menerima pemberian suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya, yang tak sesuai ketentuan yang berlaku.

Bukan itu saja, Mokodongan melanjutkan, bahwa dalam Pakta Integritas itu, berisikan juga tentang cara bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel, dalam melaksanakan tugas, kemudian menghindari pertentangan kepentingan  dalam melaksanakan loyalitas pada atasan, memberi contoh kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan menyampaikan informasi penyimpangan integritas serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkan,

“Untuk poin ketujuh yakni apabila melanggar poin-pon tersebut, akan siap menghadapi konsekwensinya,” terang Mokodongan.

Sementara Sarundajang dalam sambutannya, mengatakan bahwa dalam dokumen Pakta Integritas tersebut, berisi pernyataan dan janji kepada diri sendiri, untuk melaksanakan tugas, fungsi, tanggungjawab, wewenang dan peran, serta kesanggupan tak melakukan KKN.

“Komitmen kita menjalankan pemerintahan yang bersih dab bebas KKN harus kita lakukan setiap hari,” kata Sarundajang, seraya mengingatkan Bupati/Walikota yang belum melakukan penandatanganan Pakta Integritas bagi pejabat di daerahnya, untuk segera melakukannya.

Sarundajang: Penyelenggaraan Pemerintahan Harus Bersih dan Transparan

Bupati dan Wakilkota se-Sulut tandatangani Pakta Integritas dihadapan Gubernur, Wagub dan Sekprov Sulut

Dalam penandatanganan Pakta Integritas itu, diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas dari Sekprov Sulut dihadapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, kemudian diikuti seluruh Bupati/Walikota dan yang mewakili, dan dari seluruh Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintahan Pemprov Sulut.

Dasar pelaksanaan penandatanganan Pakta Integritas tersebut, diantaranya yakni Instruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2011 tentang rencana aksi pemberantasan korupsi, Instruksi Presiden RI Nomor 17 Tahun 2011 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia, yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, nomor 49 Tahun 2011, tentang pedoman umum Pakta Integritas, di Lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 29 Tahun 2010, tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading