Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sarundajang Sampaikan Aspirasi Provinsi Kepulauan ke Dewan Pertimbangan Presiden

Tonny Sumakul   |   7 Desember 2011 – 22:21 WITA

Manado, MTC – Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menyampaikan aspirasi tujuh provinsi kepulauan di Indonesia, kepada Dewan Pertimbangan Presiden RI, yang diketuai Prof. Dr. Emil Salim.
Aspirasi itu disampaikan orang nomor satu di Sulut, saat menghadiri seminar membangun sistem penguatan ekonomi kemasyarakatan, yang berbasis penangkapan ikan dan pengolahan rumput laut, khususya di daerah tertinggal di wilayah Indonesia Timur, yang diselenggarakan Dewan Pertimbangan Presiden, di Aston Hotel Manado, Rabu (7/12/2011).
Menurut Sarundajang, inti aspirasi tujuh daerah kepulauan, yakni meminta agar pemerintah pusat, memperhatikan pemerataan dalam pembangunan infrastruktur serta distribusi anggaran yang memperhatikan luas laut, sebagai komponen penilaian Dana Alokasi Umum (DAU) bagi daerah kepulauan.
“Memang juga draf RUU Provinsi kepulauan, sudah disampaikan kepada DPR-RI yang sampai saat ini masih dibahas. Kami mengharapkan, agar Dewan Pertimbangan Presiden dapat memperjuangkannya kembali di pusat,” kata SHS sapaan akrabnya.
Lanjutnya menyamapikan, untuk Sulut sendiri, wlayah kepulauan berada di Kabupaten Sitaro, Sangihe dan Talaud. Dimana dari penilaian, peralatan kapal dan alat tangkap nelayan di wilayah itu, masih tertinggal dibandingkan dengan nelayan dari negara lain.
“Itu salah satu untuk Sulut yang kami ingin diperjuangkan Dewan Pertimbangan Presiden,, yang kali ini dihadiri ketuanya Prof Dr. Emil Salim, serta Anggota Bidang Pertahanan Keamanan Laksamana TNI (Purn) Widodo AS, agar memperjuangkan kepada pemerintah pusat,” ucap Sarundajang.
Hadir dalam seminar tersebut, diantaranya Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, Brigjen (Pol) Benny Mokalu dari Bakorkamlah RI, Bupati Sangihe Drs. HR Makagansa MSi, Bupati Minsel Tetty Paruntu, Wawali Manado Harley Mangindaan, Wawali Bitung Drs Max Lomban. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading