Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Satu Tahun Memimpin, Eman Diberi Raport Merah

Ardi Kalumata   |   9 Januari 2012 – 19:51 WITA
Walikota Tomohon

Jimmy F Eman SE Ak

Tomohon, MTC – Satu tahun memimpin Kota Tomohon, Eman dinilai belum memperlihatkan kemajuan dan perkembangan yang berarti. Penilaian ini diberikan Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan dan Hukum Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Drs Paulus Sembel.
Menurutnya, selama setahun ini, belum ada sesuatu yang berarti bagi masyarakat Tomohon.
‘’Jalannya pemerintahan stagnan dan belum ada kemajuan yang berarti. Mutu pengawasan pemerintahan dan pembangunan rendah sekali,’’ ungkap Sembel.
Selain itu, koordinasi antar eksekutif dan legislative lanjut Sembel, masih kurang.
‘’Pengelolaan keuangan masih belum tertib, perencanaan pembangunan kurang terarah jika melihat RPJPD, RPJMD, termasuk RTRW. Banyak juga birokrat dan PNS terjebak masalah moral,” ungkap Sembel.
Infrastruktur lanjut politisi PDIP ini, belum ada peningkatan dari sebelumnya. Kesemerawutan kota makin bertambah, ditambah keluhan warga tentang indikasi pencemaran yang diakibatkan Geothermal Lahendong kurang disikapi.
‘’Kewajiban ke pihak ketiga atau hutang belum sepenuhnya terealisasi, aintidipasi bencana alam sangat lemah, banyak muncul masalah sosial, TPA belum tuntas. Masalah lingkungan justru mengemuka,’’ ketusnya.
Masih ada juga kekurangan yang terjadi seperti masalah di bidang pendidikan, bendahara banyak yang bermasalah, serta banyaknya temuan KPK di tahun 2011.
Meski begitu, Sembelk memberikan apresiasi positif di bidang keamanan di mana Tomohon tetap kondusif.
‘’Ada beberapa bidang yang boleh diberikan apresiasi setinggi-tingginya seperti bidang perindustrian dan perdagangan, koperasi, pertanian dan penanaman modal yang mengalami peningkatan,’’ katanya
Kinerja beberapa pejabat pun diberikan apresiasi positif seperti Asisten III Ir Ervinz DH Liuw, Kadis Perindag Albert J Tulus SH, Kadis Koperasi dan UMKM Ronni Lumowa SSos MSi, Kadis Tanakan Jemmy Marindas SP, Kepala BPM Jeanne Bolang SH, Camat Tomohon Barat Toar J Pandeirot SPd serta Camat Tomohon Selatan Drs Ronny J Kalangi SH.
‘’Ke depan, Walikota harus tegas bersikap dalam mengambil keputusan-keputusan strategis, kurangi kegiatan bersifat seremonial dan harus merobah kabinet dengan menempatkan pejabat-pejabat yang sesuai dengan bidangnya,’’ tukas Sembel. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading