Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

SBSI Minta Pemimpin di Kota Bitung Peka dan Peduli Terhadap Nasib Buruh

Aldi Mawitjere   |   2 Mei 2012 – 09:31 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Kota Bitung mengingatkan agar para pimpinan yang duduk di Eksekutif dan Legislatif, sudah seharusnya memperhatikan Nasib para buruh yang ada di Kota Bitung.”Harus menjadi kewajiban para pemimpin di Kota Bitung memperhatikan hak dan nasib para buruh. Karena buruh adalah bagian masyarakat,” ujar Robby Supit yang merupakan salah satu pimpunan SBSI di Kota Bitung.

Momentum memperingati May Day Atau Hari Buruh Sedunia yang diperingati setiap 1 Mey, dikatakan Supit bahwa SBSI Kota Bitung, telah menyampaikan aspirasi di Pemkot dan DPRD Bitung dalam aksi demo damai dan simpatik yang digelar, Selasa (1/5) kemarin.

Berbagai aspirasi yang disampaikan dalam demo yang mendapat pengawalan dari aparat Kepolisian in, diantaranya instansi terkait harus tegas dan berani menindaklanjuti setiap keluhan buruh, karena hingga saat ini, masih banyak buruh yang diperlakukan tidak adil oleh sejumlah perusahaan, sehingga para buruh tidak menerima hak mereka.

”Kami minta pemerintah dan pihak legislatif peka dan tegas terhadap keluhan para buruh serta mampu memberikan solusi agar buruh kesejahteraannya dapat terjamin dan tidak akan dirugikan oleh pihak perusahaan,” ujarnya.

Masalah yang harus menjadi perhatian, kata Supit, adalah pengawasan instansi terkait terhadap perusahaan di Kota Bitung. Dimana masih ada sejumlah perusahaan yang tidak patuh pada aturan dalam memberikan upah, lembur dan jaminan Kesehatan.

”Sebagai pemimpin yang dipilih Rakyat kami harapkan agar peduli dan mampu melakukan pengawasan terhadap perusahaan, sehingga hak para buruh tidak akan dikebiri oleh para Kapitalis,” tandas Supit.
Disisi lain Supit juga meminta Pemkot Bitung dapat melakukan program peningkatan sumber daya manusia (SDM), seperti
adanya pelatihan dan ketrampilan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.Sehingga buruh di Kota Bitung mampu berkompetisi dan berkarya.

”Buruh merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, jadi wajib mendapat perhatian, ” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading